Liga Europa

Tim-tim yang sudah lolos 32 besar Liga Europa dan calon penyusulnya

Oleh Gilang Galiartha

Tim-tim yang sudah lolos 32 besar Liga Europa dan calon penyusulnya

Gapura bersematkan logo Liga Europa jelang salah satu pertandingan kompetisi antarklub Eropa kasta kedua tersebut di Stadion Celtic Park, Glasgow, Skotlandia, pada 28 November 2019. (ANTARA/AFP/Andy Buchanan)

Jakarta (ANTARA) - Rangkaian pertandingan pemungkas penyisihan grup Liga Europa bakal digelar pada Jumat (13/12) dini hari WIB dan memperebutkan 11 tiket tersisa menuju babak 32 besar.

Sebanyak 21 tim telah memastikan satu tempat di babak 32 besar, termasuk delapan tim yang turun kasta karena cuma menempati peringkat ketiga penyisihan grup Liga Champions.

Delapan tim tersebut adalah Club Brugge, Olympiakos, Shakhtar Donets, Bayer Leverkusen, Red Bull Salzburg, Inter Milan, Benfica dan Ajax.

Baca juga: Ringkasan pertandingan fase grup Liga Europa

Sementara itu, di antara 12 grup Liga Europa, lima grup sudah memastikan dua tim yang lolos ke babak 32 besar yakni Grup A, D, I, K dan L.

Sevilla dan Apoel FC sudah lolos dari Grup A, Sporting CP dan LASK dari Grup D, Gent dan VfL Wolfsburg dari Grup I, Braga dan Wolverhampton dari Grup K sudah dilewati Manchester United dan AZ Alkmaar.

Dengan demikian, dalam 24 pertandingan yang akan dilangsungkan pada Jumat (13/12) dini hari WIB, terdapat 19 tim yang masih berpeluang untuk merebut satu dari 11 tiket tersisa untuk fase gugur Liga Europa.

Baca juga: Celtic dan Sevilla melenggang ke fase gugur

Baca juga: Copenhagen gagal menang di markas Malmo, Lugano-Kiev imbang 0-0

Berikut adalah skenario kelolosan tim-tim ke babak 32 besar Liga Europa (berdasarkan grup dan posisi klasemen sementara):

Grup B

Tim yang sudah lolos: belum ada

Tim yang masih berpeluang lolos: FC Copenhagen, Malmo FF & Dynamo Kiev

Klasemen sementara


Skenario kelolosan:

- Copenhagen lolos jika menang atau imbang melawan Malmo. Copenhagon juga masih bisa lolos jika kalah dari Malmo, asalkan Dynamo tidak menang atas Lugano di laga lain.

- Malmo wajib menang atas Copenhagon untuk lolos. Jikapun main imbang atau kalah melawan Copenhagen, Malmo tetap bisa lolos asalkan Dynamo tidak menang atas Lugano.

- Dynamo tidak cuma butuh kemenangan atas Lugano untuk lolos, tetapi juga Malmo gagal mengalahkan Copenhagen di laga lain.

Selanjutnya: Grup C dan Grup E

Oleh Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar