Anti Hoax

Hoaks, foto Prabowo bertuliskan "FPI bukan mengancam kedaulatan NKRI"

Hoaks, foto Prabowo bertuliskan "FPI bukan mengancam kedaulatan NKRI"

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) berjabat tangan dengan pejabat lama Ryamizard Ryacudu (kiri) usai acara serah terima jabatan di gedung Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (24/10/2019). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.

Jakarta (ANTARA/JACX) - Foto Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto yang mengenakan setelan jas abu-abu, kopiah hitam, serta dasi merah, baru-baru ini dibagikan oleh sebuah akun Facebook.

Dalam foto tersebut, Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu tampak sedang berdiri di mimbar hitam yang dihiasi logo Kementerian Pertahanan RI.

Selain memuat gambar mantan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat ke-22, foto itu juga mencantumkan tulisan "FPI Bukan Mengancam Kedaulatan NKRI, Justru Yg Menunggangi NU itu yg harus Di Bersihkan".
 
Tangkapan layar konfirmasi Kominfo soal hoaks foto Prabowo (Antara/Kominfo)


Penjelasan:
Setelah dilakukan penelusuran, didapatkan fakta bahwa foto Prabowo Subianto yang tersebar di Facebook itu merupakan cuplikan gambar yang diambil dari kanal Youtube salah satu media nasional dengan judul "Pidato Lengkap Prabowo Subianto Jadi Menhan: Hati Pak Ryamizard Dibelah yang Keluar Merah Putih".

Video yang dibagikan pada 24 Oktober 2019 dan telah ditonton hampir lima juta kali itu memperlihatkan sosok Prabowo Subianto yang sedang berpidato di Kementerian Pertahanan. Pidato itu turut disaksikan mantan Menhan Ryamizard Ryacudu.

Dalam video berdurasi sekitar enam menit itu, Prabowo tidak menyinggung organisasi massa Front Pembela Islam (FPI) maupun organisasi Islam Nahdlatul Ulama (NU).

Dengan demikian, tulisan yang dicantumkan bersama foto Prabowo Subianto merupakan hasil suntingan, yang kemudian disebar oleh pemilik akun Facebook.

Klaim: Foto Prabowo bertuliskan "FPI Bukan Mengancam Kedaulatan NKRI, Justru Yg Menunggangi NU itu yg harus Di Bersihkan"

Rating: Disinformasi

Cek fakta: Prabowo nyatakan oposisi usai bertemu Jokowi, ini penjelasannya

Cek fakta: Beredar hoaks grup WhatsApp Pendukung 02

 

Pewarta: Tim JACX dan Kominfo
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Berantas hoaks guna ciptakan pemilu kondusif

Komentar