Saya kira sudah bisa langsung proses daftar, gak taunya seremonial aja
Jakarta (ANTARA) -
Warga di Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur berdatangan menuju lokasi proyek DP0 Rupiah Rumah Susun Nuansa Cilangkap beberapa saat usai seremonial pemancangan tiang perdana, Kamis siang.
 
"Saya kira sudah bisa langsung proses daftar, gak taunya seremonial aja. Saya diminta ngisi formulir pendaftaran secara daring," kata seorang ibu rumah tangga, Imih (47) di Jakarta.
 
Sekitar pukul 10.30 WIB, warga yang mengontrak rumah di RT5 RW01 Cilangkap itu datang seorang diri berharap sudah bisa langsung memproses pendaftaran rumah DP0 Rupiah.
 
Namun petugas penerima tamu undangan hanya memberikan brosur berikut laman pendaftaran daring kepada Imih, sebab hari ini hanya berlangsung agenda peresmian proyek.

Baca juga: Nuansa Cilangkap sediakan 800 unit hunian DP0 Rupiah
 
Imih mengatakan rumah DP0 Rupiah menjadi harapan dirinya bersama tiga anak yang masih bersekolah untuk memperoleh tempat tinggal tetap di tengah mahalnya harga properti hunian swasta di Cipayung saat ini.
 
"Kebetulan suami saya sudah cerai beberapa tahun lalu, sekarang cuma tinggal sama anak di rumah kontrakan 60 meter persegi," katanya.
 
Warga yang berprofesi sebagai asisten rumah tangga itu mengaku pesimistis dengan persyaratan yang diberlakukan pengelola.
 
Salah satunya terkait uang tabungan sebagai persyaratan penting untuk memperoleh hunian di Nuansa Cilangkap.

Baca juga: Anies ingatkan pemohon DP0 Rupiah harus miliki tabungan
 
"Saya punya uang tabungan Rp5 juta, gak tau deh cukup apa enggak," katanya.
 
Pemohon lainnya Surono (70) mengaku sudah mempersiapkan kedatangannya ke lokasi Nuansa Cilangkap beberapa hari sebelumnya setelah mendengar kabar peresmian dari sejumlah media massa.
 
"Kebetulan saya mau urus administrasi persyaratan untuk anak saya yang paling tua. Dia mau nikah besok," katanya.
 
Surono mempertanyakan perihal batasan usia bagi pemohon rumah DP0 Rupiah yang saat ini menjadi perhatian dirinya bersama istri.
 
"Saya kurang paham terkait usia, apakah seumuran saya masih boleh mendapatkan rumah di sini. Memang buat anak sih, tapi saya yang proses," kata pensiunan ASN di Jakarta itu.
 
Tidak kurang dari puluhan warga di sekitar Cilangkap dari kalangan orang tua dan remaja berdatangan menuju meja penerimaan tamu.

Baca juga: 1.790 orang pemohon program Samawa rumah DP Nol Rupiah
 
Petugas di lokasi memberikan sejumlah pemahaman terkait proses pengajuan kredit rumah kepada warga.
 
Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Fasilitas Pemilikan Rumah Sejahtera DKI, Dzikran Kurniawan, mengatakan persyaratan usia menjadi persyaratan kepemilikan.
 
"Tapi itu ranah perbankan, mungkin kalau untuk pensiunan masih ada pertimbangan, minimal dia punya tabungan uang pensiun," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019