Jakarta (ANTARA) - Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyelenggarakan program Hari Bahagia Nasional 12.12 bertepatan dengan momen Hari Belanja Nasional 12.12, Kamis.

Dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis, program itu mengangkat tema "Berkahkan Belanja dengan Berbagi". Program Hari Bahagia Nasional 12.12 itu menekankan bahwa dengan berbagi kepada saudara yang membutuhkan, kebahagiaan semakin berlipat di momen Harbolnas.

"Dengan kata lain, masyarakat tidak hanya bahagia berbelanja, namun juga bisa bahagiakan saudara sesama dengan berdonasi untuk program-program kemanusiaan," ujar Presiden ACT Ibnu Khajar.

Ibnu menjelaskan pada momen 12.12, banyak orang berbelanja online dan bahagia mendapatkan barang yang mereka terima.

"Sementara itu, masih ada saudara-saudara kita yang masih sangat membutuhkan. Akan lebih sempurna jika selebrasi kebahagiaan juga dirasakan oleh saudara-saudara yang membutuhkan. ACT akan ada kan satu hari penuh agar semua orang bisa merasakan kebahagiaan yang berlipat bukan hanya karena momen akhir tahun, harbolnas, tetapi juga kesempatan untuk membantu lebih banyak orang dengan berbagai program tidak hanya di Indonesia namun hingga luar negeri."

Ibnu menambahkan program Hari Bahagia Nasional itu menjadi ikhtiar ACT untuk membangun paradigma baru berbelanja sambil berderma. Artinya, setiap ada transaksi belanja yang dilakukan, maka ada transaksi filantropi juga.

Ibnu optimistis peluang filantropi masyarakat Indonesia pada momen 12.12 tinggi. Hal itu melihat dari fakta tingginya nilai transaksi belanja di Hari Belanja Nasional 2018. Kala itu, transaksi belanja mencapai Rp6,8 triliun.

Angka ini mengalami peningkatan 700 persen dibandingkan transaksi belanja di hari biasa.

"Oleh karena itu, kami optimis bisa menggerakkan banyak dermawan Indonesia di momen tersebut untuk turut berdonasi melalui program-program kemanusiaan ACT. Jadi selebrasi akhir tahun tidak hanya meriah namun juga semakin berkah,” tambah Ibnu.

Pada momen 12.12, ACT menawarkan beragam program kemanusiaan bagi para dermawan yang ingin berdonasi. Program-program tersebut antara lain terdiri dari tiga program Unggulan yaitu Solidaritas Kemanusiaan Dunia Islam (SKDI), Pangan Nasional, dan Flash Sale Global Qurban. Pada Hari Bahagia Nasional 12.12, ACT menargetkan dapat memberi kebahagiaan untuk puluhan ribu penerima manfaat dari hasil kedermawanan masyarakat Indonesia yang berdonasi dalam satu hari itu.

Wakil Presiden ACT, Hafit T Mas'ud, menyatakan secara detail program-program unggulan kembali menyapa Sahabat Dermawan melalui paket pangan, paket bantuan musim dingin, bantuan air bersih, dan pelayanan kesehatan untuk saudara-saudara di Bumi Syam.

“Untuk dalam negeri, program seperti Beras untuk Santri (BERISI), Beras untuk Ibu Indonesia, Humanity Water Truck, dan Sahabat Guru Indonesia akan menjadi highlight di 12.12 nanti. Tidak ketinggalan juga program Qurban seperti qurban unta, sapi, kambing dan qurban untuk Bumi Syam. Dermawan bisa berpartisipasi dalam momen Hari Bahagia Nasional dan berdonasi ke ACT melalui berbagai platform,” kata Hafit.

Selain berdonasi melalui transfer antarbank, dermawan juga bisa mengakses situs www.indonesiadermawan.id dan memilih berdonasi untuk sejumlah program kemanusiaan yang ditawarkan. Di platform urun dana ini, para dermawan bisa langsung mengisi data dan berdonasi di masing-masing halaman program. ***3***

Pewarta: Indriani
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019