BPBD Padang: Angin kencang tumbangkan sebelas pohon

BPBD Padang: Angin kencang tumbangkan sebelas pohon

Pohon tumbang menimpa kendaraan akibat angin kencang yang terjadi di Padang, pada Kamis (12/12). ANTARA/HO-BPBD Padang

Padang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), mencatat sebelas kejadian pohon tumbang akibat angin kencang yang terjadi di daerah setempat sejak Kamis pagi hingga pukul 16.00 WIB.

"Ada sebelas titik pohon tumbang yang terjadi akibat angin kencang tadi pagi, dan kami memberikan reaksi cepat atas laporan yang diterima dari masyarakat," kata Kepala BPBD Padang Edi Hasymi, di Padang, Kamis.

Ia mengatakan sebagai penanganan pihaknya menurunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Padang di bawah komando Kasie Kedaruratan Sutan Hendra, menindaklanjuti kejadian dengan memotong kayu serta evakuasi material pohon.

Baca juga: Angin kencang melanda Pamekasan
Baca juga: Pohon tumbang di dua lokasi jalur Kelok 44 Agam akibat angin kencang


Dampak dari sebelas titik pohon tumbang tersebut di antaranya menimpa empat kendaraan, dua unit rumah, dan menghambat akses jalan.

Rincian kejadian tersebut adalah di Kecamatan Koto Tangah sebanyak empat titik yaitu Jalan Bypass Kilometer 17, Kelurahan Koto Panjang, pohon tumbang menimpa tiga mobil yang terparkir di bengkel.

Kemudian di Komplek Pasir Putih, Kelurahan Bungo Pasang, dan Jalan Adinegoro depan Citra Swalayan, pohon tumbang menghambat akses jalan.

Lalu di Kecamatan Kuranji sebanyak lima titik, dengan rincian di RT 02 Kelurahan Gunuang Sarik, kemudian RT 02 RW 03 Kelurahan Kuranji, RT 01 Lapau Manggis, pohon tumbang juga menghambat akses jalan.

Baca juga: Puting beliung rusak empat rumah dan satu gereja di Manggarai Barat
Baca juga: Magetan dilanda angin kencang


Sementara pohon tumbang di Jalan Kampung Lalang, Kelurahan Pasar Ambacang menimpa kendaraan, dan RT 05 RW 03 Gunung Sarik materialnya menimpa rumah.

Terakhir kejadian pohon tumbang di Kecamatan Padang Utara dengan satu titik yaitu di Jalan Swadaya RW 07 Gunung Pangilun yang menghambat akses jalan.

Pada bagian lain, ia mengimbau kepada masyarakat agar berhati hati dalam berkendara dan beraktivitas, terlebih saat cuaca buruk.

Baca juga: "Skybridge" mulai dibuka usai diterjang angin kencang
Baca juga: Hujan disertai angin kencang rusakkan gerbang tol Weleri
Baca juga: Jember dilanda angin kencang dan longsor

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pohon tumbang hancurkan mobil dan lima bangunan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar