Banjir merendam sejumlah kecamatan di Kapuas Hulu

Banjir merendam sejumlah kecamatan di Kapuas Hulu

Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kapuas Hulu sedang membantu warga yang melintasi genangan banjir di Kecamatan Boyan Tanjung dan Pengkadan wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat. Foto dokumentasi BPBD Kapuas Hulu (Timotius)

Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Hujan deras yang terjadi hampir sepekan di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat mengakibatkan sejumlah kecamatan di daerah tersebut terendam banjir yang disebabkan meluapnya sejumlah anak sungai dan Sungai Kapuas.
 
"Banjir kali ini merata, sejumlah kecamatan sudah terendam banjir mulai dari daerah Lintas Timur, Utara, Selatan dan daerah pesisir Sungai Kapuas," kata Ketua Tagana Kapuas Hulu, M Hatta, dihubungi ANTARA di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Jumat.
 
Hatta mengatakan, dari hasil informasi yang dihimpun Tagana di lapangan sejumlah kecamatan yang terendam banjir di antaranya Kecamatan Putussibau Selatan, Putussibau Utara, Boyan Tanjung, Bika, Kalis, Embaloh Hilir, Bunut Hilir, Semitau, Suhaid, Jongkong, Selimbau, Silat Hilir.
 
Menurut dia, kedalaman air saat ini rata - rata bervariasi mulai satu hingga satu setengah meter, dan genangan airnya mulai masuk sejak Rabu (11/12) ke sejumlah kecamatan.
 
"Untuk Putussibau Selatan dan Utara luapan Sungai Kapuas merendam dataran rendah sejak Kamis (12/12) pagi, saat ini debit airnya masih naik," jelas Hatta.
 
Dengan cuaca musim hujan saat ini, Hatta mengimbau kepada seluruh masyarakat di Kapuas Hulu untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya banjir besar.
 
"Yang kita khawatirkan banjir besar, tapi mudah - mudahan itu tidak terjadi kita sama - sama berdoa dan tetap waspada kemungkinan bencana alam kapan pun bisa terjadi," kata Hatta.
 
Tidak hanya itu, Hatta juga meminta masyarakat untuk segera melaporkan setiap perkembangan banjir, apabila masyarakat memerlukan bantuan tim gabungan yang melibatkan berbagai pihak selalu siap membantu masyarakat.
 
"Kami Tagana dan rekan - rekan yang tergabung dalam komunitas peduli bencana selalu siap membantu masyarakat," pesan Hatta. ***2***
Baca juga: Banjir di Kapuas Hulu rendam Pengkadan dan Boyan Tanjung
Baca juga: Banjir susulan rendam belasan rumah di Kapuas Hulu
Baca juga: Banjir Tepuai surut transportasi Pontianak - Putussibau normal

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar