Kemarin, KPK panggil saksi suap pesawat Garuda hingga eks rektor Unair

Kemarin, KPK panggil saksi suap pesawat Garuda hingga eks rektor Unair

Pekerja memperbaiki rel yang rusak akibat anjloknya Kereta Api barang 2704 pengangkut semen yang melaju dari stasiun Kampung Bandan menuju stasiun Kalimas di KM 52+926 di jalur stasiun Doplang, Blora, Jawa Tengah (12/12/2019). ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/pd/pri.

Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil tujuh saksi dalam penyidikan kasus suap pengadaan pesawat dan mesin pesawat dari Airbus S.A.S dan Rolls-Royce P.L.C pada PT Garuda Indonesia hingga KPK panggil eks Rektor Unair Fasichul Lisan sebagai tersangka, berikut rangkuman berita hukum yang masih layak disimak, di antaranya:

1. KPK panggil tujuh saksi penyidikan kasus suap pengadaan pesawat Garuda

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil tujuh orang saksi dalam penyidikan kasus suap pengadaan pesawat dan mesin pesawat dari Airbus S.A.S dan Rolls-Royce P.L.C pada PT Garuda Indonesia.

"Penyidik hari ini mengagendakan pemeriksaan terhadap tujuh orang saksi untuk tersangka HDS terkait dengan tindak pidana korupsi suap pengadaan pesawat dan mesin pesawat dari Airbus S.A.S dan Rolls-Royce P.L.C pada PT Garuda Indonesia," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya di sini

2. Polisi dan BNN Trenggalek antisipasi lonjakan jumlah penumpang

Petugas menggelar operasi gabungan di Terminal Surondakan, Trenggalek, Jawa Timur, Kamis, guna mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2020.

"Kegiatan yang dilaksanakan ini bertujuan mengantisipasi terjadinya kecelakaan yang berasal dari Kabupaten Trenggalek," kata Kapolres Trenggalek Jean Calvijn Simanjuntak di Trenggalek,

Baca selengkapnya di sini

3. BNPT minta kalangan swasta aktif dalam pencegahan radikalisme

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) meminta kalangan swasta turut berperan aktif dalam pencegahan paham kekerasan, radikalisme, terorisme di Tanah Air.

"Selama ini swasta sangat jarang disentuh terkait dengan masalah radikal terorisme ini," kata Deputi 1 Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT Mayjen TNI Hendri Paruhuman Lubis dikutip dari siaran pers diterima di Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya di sini

4. Kecelakaan KA pengangkut semen di Doplang Blora tidak ada korban jiwa

Tergulingnya kereta api barang yang bermuatan semen sebanyak 1.136 ton saat melintasi Stasiun Doplang Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Kamis, dipastikan tidak ada korban jiwa.

"Beruntung tidak ada korban jiwa. Meskipun demikian, penyebab kecelakaan kereta barang tersebut akan dilakukan penyelidikan aparat kepolisian bersama PT KAI," kata Kapolres Blora AKBP Antonius Anang melalui Kapolsek Jati AKP Bajuri di Blora, Kamis.

Baca selengkapnya di sini

5. KPK panggil eks Rektor Unair Fasichul Lisan sebagai tersangka

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis, memanggil eks Rektor Universitas Airlangga (Unair) Fasichul Lisan (FAS) yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka korupsi terkait dengan pembangunan Rumah Sakit Pendidikan Unair Surabaya.

"Yang bersangkutan diagendakan diperiksa sebagai tersangka tindak pidana korupsi pembangunan RS Pendidikan Unair pada tahun anggaran 2007 s.d. 2010 dan RS Pendidikan Unair pada tahun 2009," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar