Jakarta (ANTARA) - Pendapatan pajak dari "Djakarta Warehouse Project" (DWP) 2019 bisa mencapai Rp10 miliar.

"Angka itu mengacu pada pendapatan pajak daerah dari DWP 2017," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) DKI Jakarta, Alberto Ali di Jakarra, Jumat.

Jumlah tersebut didapat dari dua jenis pajak, yaitu pajak makanan dan minuman serta pajak hiburan.

"Berdasarkan data perekonomian 2017 untuk pajak makanan dan minuman sebesar Rp2,5 miliar dengan penyelenggaraan dua hari. Sedangkan ntuk hiburan kurang lebih Rp7,5 miliar dengan penyelenggaraan dua hari.

"Jadi total sebesar Rp 10 miliar," kata Alberto saat memaparkan pendapatan pajak dari penyelenggaraan DWP 2017 di Balai Kota Jakarta.

Alberto mengatakan, pajak yang dikenakan terhadap objek makanan dan minuman sebesar sepuluh persen. Sedangkan untuk pajak hiburan dikenakan sebesar 20 persen.

Baca juga: 597 personel kemanan amankan "Djakarta Warehouse Project 2019"

Jumlah pendapatan Pemprov DKI dari acara musik tahunan bertaraf internasional itu diperkirakan akan meningkat dengan bertambahnya hari penyelenggaraan yang sebelumnya dua hari menjadi tiga hari.

"Diharapkan dengan kehadiran DWP mengundang banyak wisatawan sehingga Jakarta bisa menjadi satu destinasi unggulan dunia yang akhirnya dalam kegiatan ini berdampak memberikan manfaat pada perekonomian Jakarta," kata Alberto.

Pemprov DKI Jakarta pun sudah memberikan lampu hijau penyelenggaraan DWP di JIE Expo Kemayoran pada 13- 15 Desember 2019.

"Dinas Pariwisata dan kebudayaan telah memanggil penyelenggara dan mereka sudah memberikan komitmen tertulis yang menyatakan bahwa taat melaksanakan ketentuan berdasarkan peraturan yang berlaku," kata Alberto saat menjelaskan alasan acara DWP 2019 dapat diselenggarakan kembali di Jakarta.

DWP 2019 itu dijaga oleh 597 personel keamanan yang terdiri atas gabungan petugas TNI, polisi dan Satpol PP.

"Djakarta Warehouse Project" adalah acara musik tahunan yang biasa dilakukan selama dua hari dan sempat diselenggarakan di Bali pada tahun lalu.

Ismaya selaku pihak penyelenggara DWP 2019 mengatakan akan ada penampilan dari 69 musisi dari berbagai sub-genre musik elektronik, dua "special stage" dan tujuh pendukung acara.
Baca juga: DWP 2019 hadirkan Calvin Harris, Zedd hingga Martin Garrix

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019