Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menyerahkan bantuan dana siap pakai Rp500 juta untuk penanganan banjir di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat.

"Bantuan dana siap pakai diserahkan kepada Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria di Masjid Raya Alam Surambi Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan," kata Staf Khusus Kepala BNPB Egy Massadiah melalui siaran pers dari Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat BNPB yang diterima di Jakarta, Jumat.

Egy mengatakan Doni sempat meninjau sejumlah titik yang terdampak banjir di wilayah Kabupaten Solok Selatan seusai shalat Jumat.

Laporan sementara menyebutkan banjir bandang di Kabupaten Solok Selatan menyebabkan 1.000 unit rumah terendam dengan ketinggian muka air antara 30 centimeter hingga 120 centimeter dan satu jembatan roboh.

Baca juga: BNPB: Banjir bandang terjang Kabupaten Solok Selatan
Baca juga: 387 murid SDIT Solok Selatan tidak bisa ujian karena banjir


Warga mengungsi secara mandiri ke tempat-tempat yang lebih tinggi. Jumlah pengungsi masih dalam pendataan.

Banjir bandang terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi. Sebelumnya, pada 20 November 2019, wilayah tersebut juga sudah diterjang banjir bandang.

Tempat-tempat yang terdampak banjir bandang antara lain Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Kecamatan Sungai Pagu, dan Kecamatan Pauh Duo. 

Baca juga: Banjir kembali terjang sejumlah daerah di Solok Selatan
Baca juga: Solok Selatan perpanjang masa tanggap darurat banjir bandang
Baca juga: Solok Selatan tambah tempat pengungsian korban banjir

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019