Pangdam I/BB pukul sapu kehormatan prajurit di Maluku Tengah

Pangdam I/BB pukul sapu kehormatan prajurit di Maluku Tengah

Panglima Kodam I/Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI MS Fadhilah, melakukan pukul sapu kehormatan kepada prajurit Pos Morela, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah. ANTARA/HO

Medan (ANTARA) - Panglima Kodam I/Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI MS Fadhilah, diberikan kesempatan untuk melakukan pukul sapu kehormatan kepada dua orang prajurit Pos Morela, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Jumat.

Aktivitas itu adalah salah satu Adat Istiadat di Desa Morela.

Fadhilah mengunjungi Pos yang ada di Desa Morela dan memberikan motivasi prajurit Satuan Tugas Batalion Infantri I Raider Khusus 136/Tuah Sakti yang sedang melaksanakan tugas operasi pengamanan daerah rawan Desa Morela.

Ia disambut hangat oleh masyarakat dan tokoh adat Desa Morela setelah pengalungan selendang adat, dan berjalan pelan mendekati tim penari Manuhua (tarian penyambutan tamu kehormatan).

Selanjutnya tim penari mengantarkan Fadhillah untuk duduk di tempat yang telah disediakan dan dilanjutkan yel-yel Prajurit Satgas.

Pada kesempatan tersebut, dia memberikan pengarahan kepada prajurit Satgas Ops Pamrahwan Maluku Satuan Tugas Batalion Infantri I Raider Khusus 136/Tuah Sakti yang berada di Pos Morela.Kegiatan ini juga ikut melibatkan warga Morela, para tokoh agama dan tokoh adat di Desa Morela.

Fadhillah juga menyampaikan ucapan terima kasih atas penyambutan yang luar biasa meriah yaitu acara adat pukul lidi.

Selain itu, dia juga mengunjungi Masjid Tua Wapaue, Kaitetu, yang berada di Desa Morela. Fadhillah berpesan icon daerah seperti ini harus tetap dilestarikan dan dijaga agar tetap ada, serta terpelihara secara baik.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kominfo Sumut ingatkan agar hati-hati sebar berita

Komentar