Bupati Pandeglang optimistis rumah sakit Menes beroperasi 2020

Bupati Pandeglang optimistis rumah sakit Menes beroperasi 2020

Bupati Pandeglang optimistis Rumah Sakit Menes beroperasi tahun 2020 sehingga dapat melayani masyarakat yang berada di wilayah selatan untuk menunjang peningkatan derajat kesehatan warga di daerah itu. (ANTARA)

pasien itu dirujuk ke rumah sakit lain yang jarak tempuhnya berjauhan tentu cukup berisiko
Pandeglang (ANTARA) - Bupati Pandeglang optimistis Rumah Sakit Menes beroperasi tahun 2020 sehingga dapat melayani masyarakat yang berada di wilayah selatan untuk menunjang peningkatan derajat kesehatan warga di daerah itu.

"Kami yakin masyarakat sangat menunggu pelayanan kesehatan di wilayah selatan itu," kata Bupati Pandeglang Irna Narulita saat monitoring dan meninjau langsung ke Rumah Sakit Menes di Pandeglang, Jumat.

Pembangunan gedung Rumah Sakit Menes berada di Desa Alaswangi, Kecamatan Menes sangat strategis untuk melayani masyarakat selatan meliputi Kecamatan Labuan, Panimbang, Sumur, Jiput, Pulosari, Cigeulis dan Munjul.

Baca juga: Lebak akan bangun RS tanpa kelas di Blok Cileweung

Selama ini, masyarakat jika sakit maupun kecelakaan dirujuk ke Rumah Sakit Berkah Pandeglang, RSUD Adjidarmo dan Rumah Sakit Provinsi Banten.

Kehadiran Rumah Sakit Menes merupakan bentuk pendekatan pelayanan, sehingga dapat mempercepat pertolongan medis.

"Saya kira jika pasien itu dirujuk ke rumah sakit lain yang jarak tempuhnya berjauhan tentu cukup berisiko. Namun, jika pelayanan medis itu dekat tentu dapat diselamatkan jiwa pasien itu," katanya.

Ia mengapresiasi pembangunan gedung Rumah Sakit Mener sudah mencapai 90 persen dan dipastikan Februari 2020 beroperasi melayan masyarakat selatan.

Namun demikian, apabila bangunan tersebut terjadi kekurangan maka segera diselesaikan. "Kami berharap sarana penunjang,seperti lift segera diselesaikan, karena tahun 2020 beroperasi," ujarnya.

Bupati menyebutkan bahwa Pandeglang saat ini merupakan salah satu daerah yang menjadi kawasan ekonomi khusus pariwisata.

Kemungkinan besar kawasan ekonomi khusus itu akan banyak dikunjungi wisatawan dan mereka tidak seluruh kondisinya sehat.

"Ini tugas kita menyiapkan fasilitas kesehatan, sebagai contoh saat terjadi tsunami tahun lalu kesulitan saat mengevakuasi korban karena terlalu jauh dengan pusat kesehatan. Untuk itu, Semakin banyak layanan kesehatan akan semakin baik bagi Pandeglang," tegasnya.

Baca juga: Gubernur Banten protes Kemenkes soal penurunan tipe 21 rumah sakit
 

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Program Santri Tani Milenial, dorong santri Pandeglang berwirausaha

Komentar