Banjarmasin (ANTARA) -

Tim Uji Petik dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin melakukan "ramp check" kapal penumpang yang sandar di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin jelang libur akhir tahun.

"Ramp check kali ini terhadap kapal penumpang KM Mutiara Ferindo V, hasilnya semua bagus laik laut artinya kapal aman untuk berlayar," terang Kepala Kantor KSOP Kelas I Banjarmasin Dr Capt. Mugen S Sartoto, Jumat.

Dijelaskan dia, petugas Uji Petik memeriksa secara detail bagian kapal serta sejumlah komponen alat keselamatan dan sebagainya, termasuk memeriksa dokumen berlayarnya.

"Ramp check tentunya dilakukan setiap saat ketika kapal akan berlayar untuk memastikan laik laut. Namun khusus jelang libur Natal dan tahun baru ini ditambah lagi intensitas pengawasannya," ujarnya.

Dia menegaskan, KSOP sebagai penerbit dokumen pelayaran bertanggung jawab memberikan rasa aman dan nyaman bagi penumpang transportasi laut.

Sehingga "ramp check" dilakukan guna memastikan keselamatan dan keamanan penumpang selama di atas kapal. Jika pun terjadi hal-hal tak diinginkan, maka kru kapal sudah siap dengan segala alat keselamatannya.
Kepala Kantor KSOP Kelas I Banjarmasin Dr Capt. Mugen S Sartoto. (antara/foto/firman)


Masih dalam persiapan angkutan Natal dan tahun baru, KSOP Banjarmasin juga telah menggelar rapat koordinasi bersama instansi terkait guna menyamakan persepsi untuk tugas masing-masing dalam pelayanan terhadap penumpang di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

"Kami pastikan seluruh instansi yang terlibat dalam pengamanan kelancaran arus penumpang kapal laut di momen libur akhir tahun ini sudah siap memberikan pelayanan terbaik untuk kenyamanan masyarakat di area pelabuhan hingga di atas kapal selama berlayar," tandas Mugen.


Baca juga: Armada Pelni siap hadapi Natal dan Tahun Baru
Baca juga: Penumpang kapal diperkirakan naik 1,84 persen saat Natal-Tahun Baru
Baca juga: Jelang Natal Kemenhub instruksikan pemeriksaan kelaiklautan kapal


 

Pewarta: Firman
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019