Jakarta (ANTARA) - Bank Rakyat Indonesia kembali menggelar BRI Innovation Lab Program untuk menggali potensi bisnis dan kolaborasi dalam upaya mewujudkan inklusi keuangan dan financial integrated.

Rangkaian acara BRI Innovation Lab ini berlangsung dari 3 hingga 10 Desember 2019. Sebanyak 100 peserta yang terdiri dari 40 pelaku startup, 10 pelaku e-commerxe mitra Indonesia Mall dan 50 peserta dari internal BRI beradu ide potensi bisnis dan kerja sama yang kolaboratif dan inovatif serta elaboratif.

Ide kolaborasi bisnis ini sebagai upaya mewujudkan BRI sebagai financial integrated solution pada tahun depan, kata BRI dalam pernyataan persnya, dikutip Sabtu.

Setelah melalui sejumlah tahapan, akhirnya terpilih 20 finalis startup dan dari BRI Group dengan ide dan proposal bisnis terbaik. Mereka diberikan apresiasi pada 11 Desember lalu dalam acara puncak BRI Innovation Lab.

"Malam apresiasi ini kami persembahkan bagi para peserta ide bisnis kreatif yang akan bekerjasama menjadi rekan bisnis dengan Bank BRI," papar Direktur Digital, Teknologi Informasi dan Operasi BRI Indra Utoyo.

Pada kesempatan itu diumumkan para pemenang dalam berbagai kategori, meliputi The Best Collaboration Program of The Year, The Best Product Manager of The Year dan peraih penghargaan tertinggi, The Best Collaboration Start - Up & BRI Group.

Bagi pemenang dari kategori startup berhak mendapatkan BRI Venture Pipeline, sertifikat, uang tunai senilai Rp20 juta dan BRIZZI, sementara dari kategori BRI Group juga berhak memperoleh penghargaan, sertifikat, BRIZZI dan smartphone.

"Kami berharap, acara ini dapat menghasilkan ide-ide baru dalam menjalin kerja sama antara BRI, BRI Group dan startup. Sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan financial integrated solution dan inklusi keuangan, serta inklusi ekonomi di Indonesia," tambah Indra.

Sebelumnya, para peserta BRI Innovation Lab Program telah mengikuti serangkaian kegiatan, di antaranya Business Matchmaking dan Business Pitching Idea antara BRI, BRI Group dan industri starup dengan output berupa proposal bisnis.

Para penerima penghargaan BRI Innovation Lab 2019:

1. Best product manager of the year
A. BRIMo (Divisi RPT)
B. Brispot (Tim Brispot)
C. Brisim (Divisi ALM)

2. Best product manager collaboration
A. Divisi DJS bri
B. Divisi bisnis pertanian bri
C. Brilife
D. Brisyariah
E. Bri agro

3. Best collaboration startup
A. Kontrak hukum
B. Aruna
C. Modalku
D. Waqara
E. Infra digital nusantara


Baca juga: Kemenparekraf dorong ekosistem kondusif bagi usaha startup

Baca juga: Telkomsel akan resmikan NextDev Hub untuk startup digital awal 2020

Baca juga: Kemlu upayakan tarik modal ventura asing untuk 'startup' lokal

Pewarta: Suryanto
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019