Wapres Ma'ruf sampaikan Orasi Ilmiah di acara wisuda UIN Banten

Wapres Ma'ruf sampaikan Orasi Ilmiah di acara wisuda UIN Banten

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan Orasi Ilmiah bertajuk Arus Baru Ekonomi di Indonesia dalam Perspektif Syariah dalam acara wisuda Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten di Hotel Royale Krakatau Cilegon, Banten, Sabtu (14/12/2019). (ANTARA/Fransiska Ninditya)

Banten (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan Orasi Ilmiah bertajuk Arus Baru Ekonomi di Indonesia dalam Perspektif Syariah dalam acara wisuda Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten di Hotel Royale Krakatau Cilegon, Banten, Sabtu pagi.

Dalam sambutannya, Wapres berharap para lulusan dapat membawa perubahan dan berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara.

“Sebagai insan cendekiawan yang mendapatkan kesempatan untuk menikmati pendidikan tinggi, saya berharap anda semua dapat menjadi agen perubahan dalam masyarakat dan berkontribusi nyata bagi pembangunan,” kata Wapres.

Wapres menyebut dari jumlah penduduk usia 15 tahun yang bekerja sebesar 126,57 juta, hanya sebagian kecil di antaranya yang merupakan lulusan perguruan tinggi yakni 12,27 juta atau setara dengan 9,7 persen.

Hal itu menunjukkan bahwa sumber daya manusia (SDM) di Indonesia masih belum mendapatkan hak pendidikan tinggi sebagai dasar untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat.

“Sebagai katalisator, kampus ini diharapkan mampu mendorong peningkatan kapasitas masyarakat, termasuk kualitas SDM serta kapasitas ekonomi umat dengan tujuan untuk membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Baca juga: Wapres: Ekonomi syariah dan konvensional harus berjalan beriringan

Wapres berangkat dengan menggunakan Heli Super Puma TNI Angkatan Udara dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta pukul 08.15 WIB menuju Stadion Seruni Cilegon, Banten. Wapres tiba di ruang acara Sidang Senat Terbuka pukul 09.30 WIB dengan menggunakan pakaian sipil lengkap dan duduk di jajaran majelis sidang senat UIN Banten.

UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, yang sebelumnya merupakan Fakultas Syariah dari Universitas Maulana Yusuf, diresmikan pada 2004. Di tahun akademik 2019/2020, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten meluluskan 840 mahasiswa sarjana dan 90 mahasiswa pascasarjana.

Usai menyampaikan orasi ilmiah, Wapres Ma’ruf menandatangani prasasti peresmian UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dan kembali ke Jakarta pada Sabtu siang.

Baca juga: Wapres buka musyawarah mersama lima ormas Islam di Jateng

Baca juga: Wapres: Anak-cucu perusahaan BUMN jangan ambil peran usaha kecil


Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pilkada serentak, Wapres Ma'ruf ajak masyarakat hormati perbedaan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar