Wakil Rektor USU: Penerimaan SNMPTN 2020 tidak akan diskriminatif

Wakil Rektor USU: Penerimaan SNMPTN 2020 tidak akan diskriminatif

Wakil Rektor I Universitas Sumatera Utara Prof Dr Ir Rosmayati MS menyatakan penerimaan mahasiswa baru Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2020. (ANTARA/HO)

Medan (ANTARA) - Wakil Rektor I Universitas Sumatera Utara Prof Dr Ir Rosmayati MS mengatakan penerimaan mahasiswa baru Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2020 harus memiliki prinsip kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel, serta tidak diskriminatif.

"Perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi berhasil menyelesaikan studi tepat waktu," kata Rosmayati, pada Sosialisasi dan Promosi SNMPTN dan UTBK-SBMPTN Tahun 2020 kepada ribuan pelajar SMA/SMK/MA, di Auditorium Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, Sabtu.

Menurut dia, siswa yang berprestasi tinggi dan konsisten menunjukkan prestasinya di SMA/SMK/MA layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa melalui SNMPTN.

Baca juga: Universitas Tidar sosialisasi SNMPTN kepada guru BK se-Kedu

Baca juga: ISI Denpasar jadi penyelenggara pusat UTBK dalam SBMPTN 2020

Baca juga: UT sediakan beasiswa untuk mahasiswa yang lolos SNMPTN


Dalam kerangka integrasi pendidikan menengah dengan pendidikan tinggi, sekolah diberi peran dalam proses seleksi SNMPTN. "Sekolah sebagai satuan pendidikan dan guru sebagai pendidik diasumsikan selalu menjunjung tinggi kehormatan dan kejujuran yang merupakan prinsip pendidikan karakter," ujarnya.

Ia mengatakan, sekolah berkewajiban mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa yang dengan lengkap dan benar.

PDSS merupakan basis dan data yang dijadikan sumber utama data SNMPTN. Pengelolaan dan pengolahan data untuk kepentingan seleksi jalur SNMPTN dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

"LTMPT adalah satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi berstandar di Indonesia," katanya.

Rosmayati menjelaskan, tujuan SNMPTN memberikan kesempatan siswa SMA/SMK/MA di dalam dan luar negeri (Sekolah Republik Indonesia/SRI) yang memiliki prestasi unggul untuk menempuh pendidikan tinggi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Hadir dalam acara tersebut, Staf Ahli Rektor USU Dr Rulianda Purnomo Wibowo, SP, MEC, Kepala Pusat Sistem Informasi USU M Anggia Muchtar ST, MMIT, Kepala Kantor Humas Protokoler dan Promosi USU Elvi Sumanti ST, MHum, dan Kepala Biro Akademik USU Yasin Ginting SE.*

Baca juga: Rektor Unsyiah: Calon mahasiswa wajib daftar di LTMPT

Baca juga: Rektor Unsyiah: Rangking siswa peserta SNMPTN dilakukan sekolah

Baca juga: Ini yang berbeda dari penerimaan mahasiswa baru 2020

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kominfo Sumut ingatkan agar hati-hati sebar berita

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar