Aktor Danny Aiello meninggal dunia pada usia 86 tahun

Aktor Danny Aiello meninggal dunia pada usia 86 tahun

Danny Aiello (REUTERS/Carlo Allegri)

Jakarta (ANTARA) - Danny Aiello, aktor veteran yang aktif di panggung dan layar lebar dan dikenal membintangi film-film seperti "Do the Right Thing" Spike Lee dan "The Purple Rose of Cairo" Woody Allen, meninggal dunia pada usia 86 tahun, kata publisis dan agennya, Jumat (13/12).

Aiello, nomine Academy Award dan Golden Globe atas peran pendukung sebagai Sal si tukang pizza di film Spike Lee itu, meninggal pada Kamis malam karena sakit, kata publisis Tracey Miller dalam surel seperti dikutip dari Reuters.

Aktor dan musisi yang sudah tampil di lebih dari 100 film dan televisi sepanjang kariernya mengabadikan kisah hidupnya dalam otobiografi berjudul "I Only Know Who I Am When I Am Somebody Else."

"Danny adalah orang yang sangat berbakat dan luar biasa," kata agennya, Jennifer De Chiara, pada Reuters via surel. "Dunia mencintai Danny, dan dia juga mencintai mereka."

Aiello yang lahir di New York besar serba kekurangan di West Side dan Bronx selama Great Depression dan dia bekerja sebagai bouncer di klub malam hingga pengurus bagasi sebelum memulai karir di dunia akting pada usia 35 tahun lewat peran di pentas.

Dia merintis karier di dunia layar lebar dengan peran-peran kecil sebagai pria tangguh, termasuk mafia di film "The Godfather Part II" dari Francis Ford Coppola dalam peran yang dilatarbelakangi pengalamannya sendiri sebagai pria jalanan.

Dia tak punya banyak uang saat baru menjadi aktor. Utangnya menumpuk dan ia dilanda kesedihan karena bingung bagaimana membiayai keluarganya.

Nasibnya berubah ketika sutradara memberikan peran lebih besar pada 1980-an, termasuk suami kasar di film "The Purple Rose of Cairo" dan "Moonstruck" dari sutradara Norman Jewison di mana dia berperan sebagai tunangan dari karakter yang diperankan Cher.

Pria bernama lengkap Daniel Louis Aiello Jr yang lahir pada 20 Juni 1933 itu menikah dengan Sandy Cohen dan dikaruniai empat anak serta 10 cucu.


Baca juga: Semua nomine kulit putih, Spike Lee boikot Oscar

Baca juga: Harvey Weinstein pernah minta Woody Allen setop liputan Ronan Farrow

Baca juga: Pemeran film "The Godfather" Abe Vigoda tutup usia

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar