Google perkenalkan fitur baru untuk lindungi Pesan dari spam

Google perkenalkan fitur baru untuk lindungi Pesan dari spam

ilustrasi pesan spam (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Google mengumumkan beberapa fitur baru pada aplikasi Pesan yang dimaksudkan untuk menjaga pengguna agar aman dari SMS sampah "spam" atau bot-SMS jahat.

Dikutip dari laman GSM Arena, Minggu, Google membawa fitur “SMS Terverifikasi” untuk membantu pengguna mengidentifikasi keaslian SMS dari bisnis yang bukan abal-abal.

Pesan yang terverifikasi akan menunjukkan nama dan logo perusahaan di jendela obrolan kepada pengguna.

Sejumlah brand, di antaranya Branco Bradesco, Kayak, Payback, SoFi, dan 1 800-Flowers, saat ini telah dapat mengirim SMS yang telah terverifikasi di aplikasi Pesan Google.

SMS yang telah terverifikasi telah meluncur di AS, India, Meksiko, Brasil, Inggris, Prancis, Filipina, Spanyol, dan Kanada, dengan lebih banyak negara lagi akan mendapatkan fitur tersebut.

Fitur selanjutnya, perlindungan spam, tidak sepenuhnya baru, tetapi Google sekarang meluncurkannya secara lebih luas di seluruh AS.

Perlindungan spam secara real-time akan memperingatkan pengguna penerima pesan, yang dicurigai spam, dan akan mendeteksi apakah tautan dalam pesan tersebut dapat mengarah ke situs web yang tidak aman.

Pengguna juga dapat melaporkan pesan spam tersebut, dan memblokir sumber pesan agar tidak mengirim teks lagi.

Google telah bekerjasama dengan semua operator AS untuk fitur aplikasi Pesan tersebut. Pengguna yang belum mengaktifkannya harus memperbarui aplikasi Pesan dan melakukan aktivasi ke operator.

 


Baca juga: Indonesia urutan tiga penerima telepon "spam" terbanyak dunia

Baca juga: Cara cepat bersihkan email di inbox

Baca juga: WhatsApp siapkan fitur kenali spam
 

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Tokoh pers dan pendidikan Sumatera Utara dijadikan Google Doodle

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar