Pengerjaan Jalan Nasional ruas Sorong – Makbon – Mega sudah terlaksana sepanjang 103 km dan kondisi yang belum teraspal 34 km, saat ini telah dilaksanakan lelang untuk sisa pengerjaan jalan dan direncanakan selesai pada akhir 2021
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berharap pembangunan ruas Jalan Nasional Sorong – Makbon – Mega di Papua Barat rampung pada  2021.

"Pengerjaan Jalan Nasional ruas Sorong – Makbon – Mega sudah terlaksana sepanjang 103 km dan kondisi yang belum teraspal 34 km, saat ini telah dilaksanakan lelang untuk sisa pengerjaan jalan dan direncanakan selesai pada akhir 2021,” ujar Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XVII Manokwari Kementerian PUPR, Satrio Sugeng Prayitno dalam keterangan resmi yang di terima di Jakarta, Minggu.

Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga sedang melakukan pembangunan ruas Jalan Nasional Sorong – Makbon – Mega yang merupakan jalur logistik untuk mendukung kawasan di lintas utara Kabupaten Tambrauw dan Bandara Werur, Papua Barat.

Sementara itu Komisi V DPR RI menyampaikan apresiasinya terhadap Kementerian PUPR atas dukungan infrastruktur yang dilaksanakan di Provinsi Papua Barat.

“Masyarakat Papua Barat sangat membutuhkan penerobosan isolasi sosial, melalui pembangunan jalan di Papua Barat diharapkan dapat menghubungkan kampung, distrik, kabupaten, hingga provinsi” kata anggota Komisi V DPR RI, Jimmy Demianus Ijie.

Sebelumnya Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Wempi Wetipo, menjelaskan kondisi geografis yang berat menjadi penghambat pembangunan infrastruktur di wilayah Papua dan Papua Barat.

Menurut dia, dengan kesulitan medan dan distribusi logistik yang mahal membuat ketidakseimbangan harga sejumlah barang bangunan maupun bahan pokok.

Kendati demikian, program pembangunan dan pemerataan distribusi energi oleh Presiden Joko Widodo diharapkan mampu membuka keterisolasian daerah-daerah pelosok di Papua.

Wempi menjelaskan sejumlah program itu antara lain BBM Satu Harga hingga pembangunan jalan Trans Papua.

Baca juga: Kementerian PUPR bangun infrastruktur strategis dukung pengembangan wilayah Papua Barat

Baca juga: Presiden kabulkan peningkatan status jalan di Pegunungan Arfak

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019