Miss World 2019 dari Jamaika

Miss World 2019 dari Jamaika

Miss Jamaika 2019, Toni-Ann usai dianugerahi gelar Miss World 2019,di ExCel London. REUTERS.

Jakarta (ANTARA) - Gelar Miss World 2019 diraih oleh Toni-Ann Singh (23) dari Jamaika.

Singh yang dianugerahi mahkota Miss World pada Sabtu (14/12) itu mengatakan akan menggunakan gelarnya untuk "perubahan berkelanjutan" bagi perempuan dan anak-anak.

Saat ditanya nilai kontes kecantikan di dunia dengan gerakan MeToo serta semangat untuk mendapatkan perlakuan hormat dan kesempatan yang sama bagi wanita, lulusan Universitas Florida State itu menjawab bahwa kecantikan adalah hal paling terakhir dari aspek penting bagi pencapaiannya.

"Saya ingin membuat perubahan yang berkelanjutan. Jadi jika kita berbicara soal perempuan ... itu harus menjadi sesuatu yang akan memastikan bahwa anak-anak mereka dan anak-anak mereka memiliki nilai kehidupan yang berbeda," kata Singh kepada wartawan setelah memenangkan gelar di London, dilansir Reuters.
Toni Ann Singh bersama Miss World 2018 Vanessa Ponce de Leon dari Meksiko (REUTERS/HENRY NICHOLLS)


Singh tidak merinci perubahan apa yang ada dalam pikirannya.

"Tidak apa-apa untuk merayakan hal-hal seperti kecantikan dan atribut seperti kekuatan dan hal-hal itu. Tapi ini jauh lebih dari itu," katanya sambil memeluk orang tuanya yang penuh rasa bangga, yakni Jahrine dan Bradshaw.

Menggambarkan dirinya sebagai "wanita yang berubah" setelah ikut kompetisi Miss World, Singh menambahkan, "Tidak mungkin aku bisa menganggapnya hanya tentang kecantikan, karena itu yang terakhir dalam daftar, jujur."

Singh, yang menyanyikan versi almarhum penyanyi Whitney Houston "I Have Nothing" dalam kompetisi, menerima mahkotanya dari pemenang tahun lalu, Vanessa Ponce dari Meksiko.

Warga Jamaika yang menghadiri acara itu memuji kemenangan Singh sebagai kemenangan juga bagi negara pulau Karibia mereka.

"Fakta bahwa Miss World dimenangkan oleh orang kulit hitam sangat, sangat penting bagi kami karena itu mewakili banyak dalam hal budaya kita, dalam hal seberapa jauh dunia telah bergerak," kata anggota audiensi Christine McDermott, yang tinggal di London.

Singh dilahirkan di Morant Bay, Jamaika pada 1996. Dia kemudian pindah ke Florida, Amerika Serikat pada usia 9 tahun.

Mengutip situs Miss World, Singh bercita-cita untuk menjadi seorang dokter.

Di waktu luang, Singh suka bernyanyi, memasak, vlogging, dan menjadi relawan.

Dia unjuk bakat di Miss World 2019 dengan menyanyikan lagu "I Have Nothing" dari Whitney Houston.

Baca juga: Princess Megonondo tampil di ajang Miss World London

Baca juga: Perjuangan Frederika Cull hingga 10 besar Miss Universe 2019

Baca juga: Zozibini Tunzi dari Afrika Selatan jadi Miss Universe 2019


 

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar