Jakarta (ANTARA) - Bintang remaja Mason Greenwood menyelamatkan Manchester United dari kekalahan kontra Everton dan meraih satu poin usai mengimbangi tamunya 1-1 dalam laga pekan ke-17 Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Minggu.

Greenwood memainkan peran supersub dengan masuk pada menit ke-65 dan 12 menit kemudian mencetak gol untuk MU demi menyamakan kedudukan setelah mereka sempat tertinggal lebih dulu akibat gol bunuh diri Victor Lindelof.

Baca juga: Solskjaer janji terus mainkan Greenwood
Baca juga: Mata yakin masa depan MU cerah karena Greenwood


Hasil itu membuat MU harus rela turun ke posisi keenam klasemen dengan koleksi 25 poin, sedangkan Everton (18) melorot ke urutan ke-16 dan hanya terpaut tiga poin dari zona degradasi, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Bagi MU, hasil imbang kontra Everton menjadi catatan enam laga tanpa kekalahan. Sedangkan bagi Everton, hasil itu menjaga catatan nirkekalahan dalam dua pertandingan sejak ditangani pelatih interim Duncan Ferguson.

Kedua tim bermain cukup terbuka sejak sepak mula, namun peluang berbahaya baru lahir pada menit ke-28 dari sepakan bebas Marcus Rashford yang melaju kencang melewati barisan pagar hidup tetapi masih bisa diamankan kiper Jordan Pickford.

Namun, pada menit ke-36 justru Everton yang mencuri keunggulan lebih dulu ketika umpan silang Leighton Baines tak diantisipasi sempurna oleh kiper David de Gea dan bola mengenai paha Lindelof sebelum bersarang ke gawang MU.

Tuan rumah yang tertinggal saat turun minum berusaha memasuki babak kedua untuk mengejar ketertinggalan mereka, namun tembakan Daniel James menyambar bola liar malah mengenai wajah rekannya sendiri, Jesse Lingard, pada menit ke-63.

Dua menit sesudahnya, Lingard ditarik keluar digantikan Greenwood, remaja yang berperan besar mewarnai kemenangan MU di laga pemungkas penyisihan grup Liga Europa tengah pekan ini.

Keputusan Ole Gunnar Solskjaer berbuah positif sebab pada menit ke-77 Greenwood berhasil menyamakan kedudukan untuk MU. James melakukan tusukan sebelum menyodorkan bola demi diselesaikan sempurna oleh Greenwood.

Everton sempat berpeluang untuk kembali memimpin ketika Alex Iwobi tiba-tiba melepaskan tembakan spekulasi yang membuat De Gea dan barisan pertahanan MU sedikit kelimpungan pada menit ke-85.

Sebaliknya, MU juga punya peluang untuk membalikkan keadaan sepenuhnya pada menit pertama injury time, tetapi tembakan melengkung Rashford masih bisa dihentikan oleh Pickford. Skot imbang 1-1 bertahan hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

Baca juga: Everton berpeluang dapatkan Zlatan Ibrahimovic pada Januari
Baca juga: Jose Mourinho akui Christian Eriksen ingin tinggalkan Spurs
Baca juga: Fernandinho anggap jarak Liverpool sudah terlalu jauh dari Man City


Susunan pemain:

Manchester United (4-2-3-1): David de Gea; Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Harry Maguire, Luke Shaw; Scott McTominay, Fred; Daniel James (Juan Mata), Jesse Lingard (Mason Greenwood), Marcus Rashford; Anthony Martial
Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer

Everton (4-2-2-2): Jordan Pickford; Seamus Coleman, Michael Keane, Yerry Mina, Lucas Digne (Leighton Baines); Mason Holgate, Tom Davies; Alex Iwobi, Bernard (Moise Kean/Omar Niasse); Richarlison, Dominic Calvert-Lewin
Pelatih: Duncan Ferguson (interim)

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019