Koba, Babel, (ANTARA) - Sebanyak 53 calon anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti tes wawancara.

Ketua Bawaslu Bangka Tengah, Robianto di Koba, Senin, mengatakan sebanyak 53 calon anggota Panwascam tersebut sebelumnya sudah mengikuti tes tertulis yang diselenggarakan dengan sistem CAT atau tes berbasis komputer.

"Sesuai data tercatat sebanyak 55 peserta CAT, namun dua peserta tidak hadir dan hanya 53 orang yang mengikuti tes wawancara," ujarnya.

Pihak Bawaslu Bangka Tengah akan mencari sebanyak 18 anggota Panwascam untuk ditempatkan pada enam kecamatan yaitu Kecamatan Koba, Lubuk Besar, Namang, Simpangkatis, Sungaiselan dan Kecamatan Pangkalanbaru.

"Artinya masing-masing hanya dibutuhkan tiga anggota Panwascam pada setiap atau enam kecamatan," ujarnya.

Ia mengatakan, anggota Panwacam yang terpilih akan dilantik dan langsung bertugas pada Desember 2019 untuk mengawal jalannya proses demokrasi dalam Pilkada 2020.

"Penyeleksian calon anggota Panwascam memang cukup selektif dan objektif, kami menggali kemampuan peserta tentang kepemiluan dalam sesi tes wawancara," ujarnya.

Robianto mengatakan, anggota Panwacam yang terpilih nanti menjadi ujung tombak pihak Bawaslu Bangka Tengah untuk mengawal dan mengawasi Pilkada agar berlangsung secara jujur, adil dan demokrasi.

"Tes wawancara ini dalam rangka menggali komitmen dalam menjaga demokrasi, kompetensi dan integritas peserta untuk mencari anggota Panwascam terbaik," ujarnya.

Baca juga: 2.573 peserta ikut tes Panwascam di Provinsi Jambi

Baca juga: Bawaslu Tanjungpinang telusuri rekam jejak calon anggora Panwascam

Baca juga: Bawaslu antisipasi panwascam titipan calon kepala daerah

Pewarta: Ahmadi
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019