AS desak Korut kembali ke meja perundingan

AS desak Korut kembali ke meja perundingan

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengendarai kuda ketika ia mengunjungi situs pertempuran di daerah Gunung Paektu, Ryanggang, Korea Utara, dalam gambar tak bertanggal ini yang dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) pada 4 Desember 2019. ANTARA FOTO/KCNA via REUTERS/aww.

Seoul (ANTARA) - Utusan khusus Amerika Serikat untuk Korea Utara, Stephen Biegun, mendesak Pyongyang agar memenuhi tawarannya untuk melakukan perundingan.

Biegun menyatakan Washington bersedia membahas "semua topik yang menjadi kepentingan".

Ketika berbicara dalam konferensi pers bersama di Seoul dengan mitranya dari Korea Selatan Lee Do-hoon, Biegun mengatakan Amerika Serikat tidak menentukan "batas waktu".

AS, katanya, hanya ingin membuka kembali putaran perundingan.

Baca juga: Utusan AS kunjungi Seoul menjelang tenggat pembicaraan Korut
"Ini saatnya bagi kita untuk melaksanakan tugas kita. Ayo kita selesaikan. Kami ada di sini, Anda tahu bagaimana cara menghubungi kami," kata Biegun.

Ketegangan telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir ini saat Pyongyang melakukan serangkaian uji coba senjata serta melancarkan perang kata-kata dengan Presiden AS Donald Trump.

Ketegangan itu memicu kekhawatiran bahwa kedua negara akan kembali ke jalur perseteruan seperti dulu, yaitu sebelum mereka meluncurkan kegiatan diplomasi pada 2018.

Sumber: Reuters
Baca juga: Korut peringatkan AS permusuhan bisa mengarah jadi baku tembak
Baca juga: Korea Utara lakukan persiapan untuk luncurkan satelit

Penerjemah: Tia Mutiasari
Editor: Maria D Andriana
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Tahan Korea Utara 1-1, Timnas U-19 Indonesia lolos ke Piala Asia

Komentar