Bank Mandiri siapkan uang tunai Rp33,5 triliun pada Natal-Tahun Baru

Bank Mandiri siapkan uang tunai Rp33,5 triliun pada Natal-Tahun Baru

Direktur Konsumer dan Transaksi Ritel Bank Mandiri Hery Gunardi di Jakarta, Senin (16/12/2019). ANTARA/Indra Arief Pribadi/am.

Jumlah kesiapan uang tunai yang relatif stabil itu karena meningkatnya transaksi elektronik atau digital yang dilakukan masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Bank Mandiri menyiapkan dana tunai sebesar Rp33,5 triliun atau sekitar Rp1,1 triliun per hari untuk mengantisipasi kenaikan permintaan uang tunai masyarakat pada perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020.

Direktur Konsumer dan Transaksi Ritel Bank Mandiri Hery Gunardi di Jakarta, Senin, mengatakan dana yang disiapkan selama periode 2 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020 tersebut meningkat 26 persen dibandingkan periode normal atau periode reguler.

Dari besaran tersebut, kata Hery, pihaknya mengalokasikan sekitar 85 persen untuk kebutuhan dana di mesin ATM, sedangkan 15 persen untuk kebutuhan di kantor cabang.

Adapun jumlah dana yang disiapkan menjelang liburan Natal dan Tahun Baru tahun ini sebesar Rp33,5 triliun, relatif stagnan dibandingkan tahun lalu yang sebesar Rp33,6 triliun.

"Jumlah kesiapan uang tunai yang relatif stabil itu karena meningkatnya transaksi elektronik atau digital yang dilakukan masyarakat, misalnya untuk berbelanja, masyarakat banyak gunakan transaksi digital," ujar Hery.

Saat ini Bank Mandiri memiliki 18.291 ATM Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia untuk melayani kebutuhan dana tunai nasabah.

"Mengantisipasi kenaikan transaksi nasabah via mesin ATM pada musim libur nanti, sejak tanggal 9 Desember sampai 31 Desember 2019, Bank Mandiri akan melakukan optimalisasi limit pengisian ATM," kata Hery.

Di samping jaringan ATM, Hery menambahkan pihaknya juga telah menyiapkan jaringan perbankan elektronik, seperti fasilitas Mandiri Online, SMS Banking, dan Call Center 14000. .

Untuk libur bersama tanggal 24 Desember 2019 dan hari Natal tanggal 25 Desember 2019, Bank Mandiri mengoperasikan sebanyak 206 cabang di seluruh Indonesia secara bergantian untuk memberikan layanan terbatas, dengan rincian 128 cabang pada 24 Desember dan 78 cabang pada  25 Desember.

Sedangkan pada perayaan Tahun Baru, sebanyak 414 kantor cabang akan dioperasikan di seluruh Indonesia dengan rincian 324 cabang pada 31 Desember dan 90 cabang pada 1 Januari 2020.

Baca juga: BNI Manado siapkan dana tunai hingga Rp2 triliun jelang libur Natal

Baca juga: Saham Bank Mandiri naik seiring penunjukan direksi dan komisaris baru


 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Upaya BI lahirkan santri mandiri

Komentar