Bursa Kerja Mandiri pertemukan platform digital dengan pekerja

Bursa Kerja Mandiri pertemukan platform digital dengan pekerja

Sekretaris Jenderal Kemenaker Khairul Anwar, Yuricho Billy dari Talent ID dan Plt. Dirjen Binapenta Kemnaker Aris Wahyudi saat pembukaan Bursa Kerja Mandiri di Innovation Room Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta, Senin (16/12/2019). (ANTARA/Aubrey Fanani)

Jakarta (ANTARA) - Bursa Kerja Mandiri yang digelar Kementerian Ketenagakerjaan bersama Talent Indonesia berupaya mempertemukan platform digital dengan pekerja.

"Kegiatan ini menghadirkan platform digital dengan tema sektor jasa umum seperti GoClean, GoMassage, Montir, Tukang.com, SmartBiker, HaloJasa, HelloBeauty dan masih banyak lagi," kata Yuricho Billy dari Talent Indonesia di Jakarta, Senin.

Yuricho mengatakan pada era digital ini banyak perusahaan pemula penyedia aplikasi membuat model bisnis yang mempertemukan permintaan dan penawaran di bidang distribusi, jasa umum mau pun jasa kreatif.

Hal itu menjadi peluang bagi para pekerja mandiri yang memiliki ketrampilan untuk bergabung dan bekerja sesuai kemampuan mereka.

Dia mengatakan pada acara itu para pekerja mandiri tidak hanya memperoleh kesempatan mendaftar pada satu platform tapi juga pada platform lainnya.

Baca juga: Kalangan milenial padati bursa kerja di Gedung Disnakertans Jabar

Baca juga: PMI latih karyawan BEI Aceh pertolongan pertama pada kecelakaan kerja

Baca juga: 1.318 lowongan kerja tersedia di bursa kerja Disnakertrans Jabar


Menurut dia, biasanya mitra kerja platform bergabung dengan cara daring. Namun, melalui bursa ini para pekerja bisa langsung mendaftar ke berbagai platform yang sesuai dengan keahliannya.

Sementara itu Sekretaris Jenderal Kemenaker Khairul Anwar mengatakan kegiatan tersebut merupakan upaya pemerintah bersama generasi milenial untuk mengajak pelaku industri untuk bekerja sama dalam mewujudkan SDM unggul.

"Kami sangat mengapresiasi semangat dan antusiasme dari para peserta yang hadir di sini. Tercatat lebih dari 350 peserta ikut dalam bursa kerja ini. Diharapkan ini menjadi wadah bagi pekerja mandiri dan dapat mendorong penurunan angka pengangguran," kata dia.

Kegiatan tersebut diselenggarakan pada 16-17 Desember 2017 di Innovation Room, Kementerian Ketenagakerjaan.*

Baca juga: SINERGI gelar bursa kerja inklusif bantu milenial kurang mampu

Baca juga: Kormo, aplikasi bursa kerja dan pengembangan karier

Baca juga: Bursa Kerja 2019 Jaksel kembali sediakan 3.200 lowongan pekerjaan

Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Menkeu ingin industri kreatif dorong ekonomi nasional

Komentar