Rumah rusak akibat galian tidak sepenuhnya salah kontraktor

Rumah rusak akibat galian tidak sepenuhnya salah kontraktor

Rumah di kawasan Matraman sebagian ambruk imbas proyek galian saluran air yang dikerjakan kontraktor, Jumat (13/12/2019). (ANTARA/Andi Firdaus)

Jakarta (ANTARA) -
Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur mengemukakan kerusakan rumah tinggal di kawasan Matraman tidak sepenuhnya kesalahan kontraktor proyek saluran air.
 
"Itu kan memang struktur rumahnya dan pagarnya berada di pinggir saluran air. Jadi ya 50:50, gak murni kesalahan kontaraktor juga," kata Kepala Seksi Pembangunan dan Peningkatan Sudin SDA Jaktim, Tengku Saugi Zikri di Jakarta, Senin.
 
Menurut dia, kejadian berawal saat kontraktor PT Duta Kreasindo sedang melakukan penggalian untuk normalisasi saluran air di Jalan Kayu Manis IX, Jumat (13/12).
 
Rumah yang diketahui milik warga bernama Lia Hardini (49) itu berdiri di atas garis sempadan saluran air.
 
Pekerja saat itu sedang menggali tanah bantaran untuk pemasangan "u ditch" sebanyak 60 unit dengan lebar 80 centimeter dan kedalaman 1 meter.
 
"Sebenarnya waktu kita gali itu gak kenapa-napa, tapi setelah empat sampai lima jam setelah itu tiba-tiba aja roboh," katanya.

Baca juga: Reklame roboh timpa dua bangunan di Cakung
Baca juga: Sebuah rumah di Pela Mampang roboh diterjang angin
 
Lokasi proyek galian saluran mepet dengan pondasi rumah warga yang berada di bahu saluran air.
 
"Itu kan memang risiko pekerjaan ya, artinya kita gak bisa berhenti di situ, karena kan ketika kita membangun saluran sistem airnya harus terhubung. Jadi gak bisa putus-putus, harus lurus dan pagarnya itu berada di badan saluran," katanya.
 
Namun Saugi memastikan rumah yang ambruk di kawasan itu segera diperbaiki oleh kontraktor sebagai bentuk tanggung jawab.
 
"Setelah tanah ini kita keruk dan dipindah, baru rumahnya akan diperbaiki. Baik kontraktor maupun pemilik rumah sudah bertemu dan menyelesaikan masalah ini baik-baik," katanya.
Baca juga: Tiga tewas akibat rumah roboh di Tanah Tinggi
Baca juga: Rumah roboh di Tamansari diduga pengaruh cuaca dan bangunan rapuh
Baca juga: Tanah amblas, rumah warga roboh

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kalah Pilkades, massa rusak 4 rumah warga

Komentar