Banjarmasin (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banjarmasin ​​​​​​meningkatkan keamanan guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Patroli terus kami tingkatkan baik pagi, siang maupun malam hingga dini hari agar masyarakat tetap merasa nyaman dan aman," kata Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sumarto melalui Kabag Ops Kompol Rizali SH di Banjarmasin, Senin.

Baca juga: Mahfud : Polri siap amankan Natal dan Tahun Baru

Ia mengatakan, menjelang perayaan Natal, Polresta Banjarmasin akan meminta bantuan Sat Brimob Polda Kalsel dari Gegana untuk melakukan sterilisasi gereja.

Setelah dilakukan pendataan ulang, menurut dia, ada sebanyak 11 gereja di Banjarmasin yang akan dilakukan sterilisasi oleh pihak Gegana Polda Kalsel.

Baca juga: Kakorlantas Polri susuri Tol Trans-Jawa cek kesiapan jelang Natal

"Rencananya pada H-3, kami bersama pihak Gegana akan melakukan sterilisasi gereja-gereja yang ada di Kota Banjarmasin," kata perwira menengah Polri itu.

Kompol Rizali mengatakan, nanti di setiap gereja akan dijaga oleh beberapa personel dari Polri sesuai dengan tingkat kerawanannya.

Baca juga: Mahfud MD temui Idham Azis bahas kesiapan pengamanan Operasi Lilin

"Misalnya, Gareja Katedral atau Gereja Batu itu gereja besar dan jamaatnya pasti banyak sehingga personel yang disiagakan juga banyak," katanya.

Ia mengatakan, dalam pengamanan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Polresta Banjarmasin menurunkan personel gabungan sebanyak 200 orang.

Sebanyak 200 personel gabungan itu terdiri dari TNI, Polri, Dishub, Dinkes, Barisan Pemadam Kebakaran (BPK), CRT, dan Senkom.

Menurut dia, nantinya ada 42 personel gabungan yang akan mengisi pos-pos pengamanan yang telah didirikan, namun personel Polri yang dominan.

"Pengamanan secara gabungan itu kami lakukan karena menjaga kamtibmas di kota ini bukan hanya tugas Polri melainkan tugas kita bersama," tutur orang nomor satu di jajaran Polresta Banjarmasin itu.

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2019