Jakarta (ANTARA) - Layanan streaming video Hulu mengonfirmasi bahwa film dokumenter tentang aktivis iklim Greta Thunberg akan ditayangkan pada 2020, demikian dikutip dari The Hollywood Reporter, Selasa.

Film berjudul "Greta" itu nantinya akan mengikuti Thunberg, gadis berusia 16 tahun asal Swedia yang mogok sekolah untuk menyuarakan kesadaran akan perubahan iklim pada tahun 2018.

Beberapa kru yang terlibat antara lain Nathan Grossman sebagai sutradara, Cecilia Nessen dan Fredrik Heinig akan berperan sebagai produser melalui B-Reel Films.

Thunberg mulai dikenal sejak bulan Agustus 2018 melalui aksi memulai pemogokan sekolahnya dengan sebuah pertanyaan untuk orang dewasa; "Jika Anda tidak peduli dengan masa depan saya di bumi, mengapa saya harus peduli dengan masa depan saya di sekolah?"

Pemogokan segera menjamur menjadi gerakan global dan membuatnya menjadi seorang aktivis terkenal di dunia.

Para kru produksi film telah mengikuti Thunberg sejak hari-hari awal pemogokan sekolah melalui pertemuan dengan pemerintah dan penampilannya di PBB pada musim gugur.

Dia dinobatkan sebagai "Person of the Year" versi majalah Time minggu lalu, dan menjadikannya orang termuda yang menerima gelar tersebut.

"Greta" bergabung dengan daftar film dokumenter panjang Hulu lainnya seperti "Minding the Gap", "Ask Dr. Ruth", "Untouchable", "Fyre Fraud", dan "Hillary". Hulu juga baru-baru ini mengumumkan akan membuat serial dokumenter "Vice Investigates".


Baca juga: Majalah Time tetapkan Greta Thunberg sebagai 'Person of the Year'

Baca juga: Pegiat iklim Greta Thunberg menangkan 'Penghargaan Nobel alternatif'

Baca juga: Anak-anak muda Indonesia ikuti seruan aksi iklim Greta Thunberg

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019