Baturaja (ANTARA) - Jajaran Polres Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, siap mengamankan Perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 dengan menggelar rapat koordinasi Operasi Lilin Musi 2019 lintas sektoral bersama pihak terkait di wilayah itu.

Wakil Kepala Polres Ogan Komering Ulu, Komisaris Polisi Zulkarnain di Baturaja, Selasa, menuturkan rapat koordinasi Operasi Lilin Musi 2019 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru ini melibatkan jajaran pemerintah Kabupaten OKU, TNI Kodim 0403 OKU, Subdenpom II Sriwijaya dan sejumlah tokoh masyarakat serta agama di wilayah setempat.

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk memastikan kesiapan seluru personel Polres OKU dan pihak terkait guna bersinergi dalam menjaga keamanan wilayah hukum setempat menjelang hingga perayaan Natal dan tahun baru agar tetap aman dan kondusif," katanya.

Baca juga: Polresta Banjarmasin tingkatkan keamanan jelang Natal dan Tahun Baru

Menurut dia, Operasi Lilin Musi 2019 ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi adanya teroris, kriminalitas dan aksi kebut-kebutan di jalan raya yang dapat menggangu kenyamanan masyarakat saat Natal dan Tahun Baru 2020.

"Perlunya dilakukan rapat koordinasi ini agar dapat dilakukan tindakan cepat apabila terjadi gangguang ketertiban dan keamanan masyarakat saat pelaksanaan Natal dan tahun baru nanti," katanya.

Dia menjelaskan, Operasi Lilin Musi tahun ini mulai dilaksanakan pada 23 Desember 2019 sampai 1 Januari 2020 dengan sasaran yaitu orang, barang dan kegiatan.

Baca juga: Polres Madiun Kota sediakan lima posko hadapi Natal dan tahun baru

"Operasi ini bersifat kemanusiaan yang menonjolkan pada kegiatan perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat," ujarnya.

Oleh sebab itu, ia berharap dukungan dari seluruh pihak terkait yang terlibat pada kegiatan ini untuk bersinergi dalam menciptakan situasi wilayah hukum Polres OKU agar tetap aman dan kondusif.

"Kami juga siap mengerahkan banyak personel yang akan ditempatkan di setiap titik rawan terjadi aksi kriminalitas dan kejahatan lainnya di Kabupaten OKU," ujar dia.

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019