KAI Sumut belum operasikan KA Medan - Siantar - Medan pascabanjir

KAI Sumut belum operasikan KA Medan - Siantar  - Medan pascabanjir

Manager Humas KAI Sumut, M Ilud Siregar (ANTARA/Evalisa Siregar)

Pembatalan perjalanan KA di Senin dan belum dioperasikannya KA di sejumlah rute pascabanjir di Tebingtinggi dilakukan demi keamanan perjalanan dan penumpang. Manajemen minta maaf.
Medan (ANTARA) - Manajemen PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre I Sumatera Utara belum bisa mengoperasikan perjalanan kereta api penumpang dan barang dari Medan - Pematangsiantar - Medan pascabanjir di kawasan Tebingtinggi, Senin dini hari.

"Meski air banjir mulai surut, tetapi belum aman untuk dilalui sehingga hingga Selasa, KAI Sumut belum mengoperasikan sejumlah KA penumpang dan barang di rute Medan - Pematangsiantar - Medan," ujar Manajer Humas PT KAI Sumut, M Ilud Siregar di Medan, Selasa.

Kereta api yang belum dioperasikan hingga Selasa adalah KA Siantar Ekpress (Sireks) nomor KA U69 (Siantar - Medan) dan KA U70 (Medan - Siantar).

Kemudian KA LU70-1 (dinas lok) relasi Pematangsiantar - Tebingtinggi. KA L2802-3 (dinas lok) relasi Pematangsiantar - Dolokmerangir.

Serta KA R2802 (dinas rangkaian) relasi Dolokmerangir - Pematangsiantar, KA 2801 (BBM Kos) relasi Pematangsiantar - Labuan dan KA L2801-2 ( dinas lok) relasi Labuan - Medan.

Baca juga: Perjalanan KA Siantar Ekspress dibatalkan akibat banjir dan longsor

"Pembatalan perjalanan KA di Senin dan belum dioperasikannya KA di sejumlah rute pascabanjir di Tebingtinggi dilakukan demi keamanan perjalanan dan penumpang. Manajemen minta maaf," katanya.

Ilud menjelaskan, air banjir di jalur Kereta Api di KM 05 + 1/2 dan KM 03+700 sampai dengan KM 06 + 100 Petak Jalan Baja Lingge - Tebingtnggi sudah mulai surut.

Namun jalur masih dipenuhi tanah longsor sehingga masih terjadi rintang jalan.

"Petugas sarana dan prasarana KAI Divre I Sumut dan tim dari Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera Bagian Utara Ditjen Perkeretaapian terus melakukan berbagai upaya agar jalur bisa digunakan segera," katanya.

Mulai melakukan penambahan batu balas dan penimbunan jalur serta mengerahkan Kereta NR dan alat-alat berat.

"KAI dan tim terkait berusaha terus memperbaiki jalur dengan harapan Rabu, kereta api bisa kembali beroperasi normal," katanya.
Baca juga: PT KAI prediksi ada kenaikan 4 persen libur Natal dan tahun baru

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

KA jarak menengah di Sumut kembali beroperasi 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar