Tren Kopi susu kekinian tahun 2020, rasa cendol hingga klepon

Tren Kopi susu kekinian tahun 2020, rasa cendol hingga klepon

Ilustrasi kopi susu (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Tahun 2019 bisa dibilang sebagai tahunnya kopi kekinian selain tahunnya minuman teh bola tapioka alias boba.

Tahun ini gerai-gerai kopi ready to go bermunculan bagaikan jamur setelah hujan seiring dengan tumbuhnya jumlah generasi Z dan Y yang akan mendominasi demografi penduduk Indonesia tahun depan.

Generasi Z yang rentang usia 10-24 tahun dan generasi Y dengan rentang usia 25-39 tahun diprediksi mulai bisa menenggak kopi pertamanya tahun 2020.

Menurut perkiraan perusahaan penyedia mesin dan bahan-bahan pembuatan kopi Indonesia, PT Toffin Indonesia, tren fresh coffee ready to go atau yang populer disebut dengan kopi kekinian masih seputar rasa klasik yakni rasa karamel, vanila, cokelat dan hazelnut. Namun ada beberapa rasa kejutan.

"Tahun depan, kopi susu cookies cream diperkirakan akan menempati urutan pertama, menggeser posisi gula aren," kata Head of Marketing PT Toffin Indonesia, Ario Fajar di Jakarta, Selasa.

Selain itu, Ario menuturkan rasa-rasa otentik asli jajanan Indonesia seperti cendol, es doger hingga klepon diprediksi juga akan menjadi tren di 2020.

"Menurut survei studi yang dilakukan Toffin, 85 persen konsumen Gen Y dan Gen Z tertarik untuk membelinya. Hanya sekira dua persen yang tidak tertarik. Kemungkinan karena rasanya sudah cocok dengan lidah orang Indonesia dan ada orang-orang yang belum bisa menerima pahitnya rasa kopi sehingga bisa lebih dinikmati," kata dia.

Salah satu gerai kopi yang sudah mengeluarkan kopi dengan varian rasa asli Indonesia adalah McCafe yang sudah membuat kopi susu varian Klepon Latte.

Selain itu, tambahan-tambahan kopi atau topping aneka rasa juga akan makin digemari di tahun yang akan datang.

"Topping ada biskuit, wafer, boba bisa apa saja sih, tinggal kreativitas para pemainnya saja paling mau bagaimana," kata Ario.

Pertumbuhan gerai kopi kekinian di Indonesia naik pesat hingga tiga kali lipat dalam tiga tahun terakhir.

Pada 2016, jumlah gerai kopi kekinian sekira 1083, naik hingga 2.937 pada 2019. Konsumsi kopi per kapita masyarakat Indonesia sekira satu kilogram pada 2018, masih di bawah Vietnam yang mencapai 1,5 kilogram di periode yang sama, demikian Toffin Indonesia.

Baca juga: Alasan kopi susu digandrungi banyak orang

Baca juga: Resep membuat es kopi susu ala kafe di rumah

Baca juga: Pingin buka kedai kopi, lakukan langkah-langkah ini

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar