Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Malang menerjunkan 500 personel gabungan untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2020, di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung mengatakan bahwa, sebanyak 500 personel gabungan tersebut, akan difokuskan pada pengamanan 224 gereja, 33 tempat wisata, termasuk pusat perbelanjaan, terminal, dan bandara yang ada di wilayah Kabupaten Malang.

"Melalui Operasi Lilin Semeru 2019 yang berlangsung selama sepuluh hari, akan diterjunkan 500 personel gabungan," kata Ujung, saat memimpin Rapat Koordinasi Operasi Lilin Semeru 2019, di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa.

Ujung menjelaskan, pengamanan yang dilakukan tersebut melibatkan Tentara Nasional Indonesia (TNI), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan, termasuk Dinas Kesehatan Kota Malang.

Selain itu, lanjut Ujung, juga akan ditambah personel dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang, dan relawan dari pramuka.

"Ini antisipasi, perlu kesiapan dan sinergitas untuk menghadapi ancaman yang ada. Sehingga kita harapkan, di Kabupaten Malang ini aman dan kondusif," ujar Ujung.

Ujung menambahkan, untuk pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru di wilayah Kabupaten Malang, dibutuhkan sinergitas kepada seluruh pemangku kepentingan yang ada. Untuk itu, diharapkan seluruh pihak bisa saling menjaga saat perayaan Natal dan tahun Baru 2020.

Pihaknya sudah melakukan identifikasi terkait beberapa ancaman gangguan keamanan, diantaranya adalah tindakan terorisme, ancaman kejahatan konvensional, potensi kemacetan lalu lintas, dan potensi ancaman intoleransi.

Selain itu, antisipasi kecelakaan lalu lintas dan transportasi, aksi penolakan ibadah, antisipasi kenaikan harga kebutuhan bahan pokok, pemetaan lokasi rawan bencana, termasuk ancaman peredaran narkoba di kalangan anak muda saat merayakan tahun baru.

"Di Kabupaten Malang tidak pernah ada terorisme, akan tetapi di tempat lain ada. Itu kita jadikan pelajaran, dan tingkatkan kewaspadaan," tutup Ujung.

Baca juga: Polres Malang siapkan rekayasa lalu lintas saat libur Natal

Baca juga: Naik 10 persen, BRI siapkan Rp35 triliun jelang Natal dan Tahun Baru

Baca juga: Dispar Kulon Progo keluarkan edaran pelayanan wisatawan libur Natal


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019