perusahaan akan mengoptimalkan layanan perbankan digital, selain jaringan kantor cabang saat liburan Natal dan Tahun Baru
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyiapkan Rp46,6 triliun di jaringan mesin ATM seluruh Indonesia untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan uang tunai nasabah menjelang Natal dan liburan Tahun Baru 2020.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dalam pernyataan tertulis di Jakarta, Selasa, mengatakan perusahaan akan mengoptimalkan layanan perbankan digital, selain jaringan kantor cabang saat liburan Natal dan Tahun Baru.

"Selain layanan kantor cabang, nasabah tetap dapat memanfaatkan berbagai kemudahan layanan BCA dimana pun dan kapan pun melalui e-Banking BCA, seperti KlikBCA dan BCA Mobile serta di lebih dari 17.500 ATM," kata Jahja.

Baca juga: Bank Mandiri siapkan uang tunai Rp33,5 triliun pada Natal-Tahun Baru

Pada 24-25 Desember 2019 atau libur Natal, BCA mengumumkan tidak mengoperasikan seluruh kantor cabang. Begitu juga saat libur Tahun Baru di 1 Januari 2020, perusahaan mengumumkan bahwa jaringan kantor cabang BCA tidak beroperasi.

Namun, kata Jahja, untuk nasabah di Jakarta dan Surabaya dapat memanfaatkan cabang digital myBCA yang tetap buka selama libur Natal dan Tahun Baru.

"Cabang digital myBCA berlokasi di mal sehingga dapat diakses dari Senin-Minggu jam 10.00-22.00 WIB, mengikuti jam operasional mal," ujar dia.

Baca juga: Naik 10 persen, BRI siapkan Rp35 triliun jelang Natal dan Tahun Baru

Secara rinci, pada 23 Desember 2019, seluruh cabang BCA beroperasi. Kemudian pada 24-25 Desember 2019, seluruh cabang BCA tidak beroperasi. Pada 26-27 Desember 2019 seluruh cabang BCA kembali beroperasi dan pada 28-29 Desember 2019, cabang "weekend banking" atau cabang khusus akhir pekan beroperasi dan dilanjutkan pada 30-31 Desember 2019 seluruh cabang beroperasi.

Selanjutnya, pada 1 Januari 2020 jaringan cabang BCA tidak beroperasi, dan kemudian pada 2 Januari 2020, jaringan cabang BCA kembali beroperasi.

Baca juga: BNI siapkan Rp16,9 triliun per pekan jelang Natal dan Tahun Baru

Jahja mengatakan BCA juga akan mengaktifkan layanan fitur nirkartu atau "Cardless" dan Tarik Tunai di aplikasi BCA Mobile. Dengan fitur di aplikasi itu, nasabah bisa melakukan transaksi setoran maupun penarikan di mesin ATM tanpa menggunakan kartu.

Dengan fitur itu, nasabah akan mendapatkan kode tertentu untuk bertransaksi Tarik Tunai Tanpa Kartu di mesin ATM. Untuk memanfaatkan fitur itu, nasabah akan diminta memasukkan nomor ponsel BCA Mobile dan kode tarik tunai. Selain Tarik Tunai Tanpa Kartu, nasabah juga bisa melakukan Setor Tunai Tanpa Kartu.

"Nasabah bisa menarik dan menyetor uang, mulai dari nominal Rp50 ribu," ujar Jahja.

Baca juga: BI siapkan Rp105 triliun jelang Natal dan akhir tahun 2019

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019