....,atraksi menarik dari event ini ialah akan ada ratusan lampion diterbangkan pada Januari hingga Februari 2020.
Palembang (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kota Palembang membidik 2,2 juta kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara lewat 100 event pariwisata yang akan digelar pada 2020.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani, Selasa, mengatakan dari 100 event pariwisata itu terdapat 24 event unggulan yang terbagi menjadi top 9 dan top 15.

"Kami mengedepankan yang top 9 yaitu Festival Cap Go Meh Pulau Kemaro, Palembang Triathlon, Ziarah Kubro, Karnaval Budaya Nusantara, MX GP, Festival Kuliner Nusantara, Festival Sriwijaya, Perahu Bidar Tradisional dan Festival Kuliner Palembang Mendunia," ujar Isnaini saat peluncuran Kalender Wisata Palembang 2020.

Menurut dia sebagian besar event memang sering diadakan setiap tahun yang mengambil tema-tema budaya, karena fokus pariwisata Kota Palembang diakui lebih menjual segi budaya,

Namun ada pula event yang baru pertama kali diselenggarakan pada 2020 yakni Sriwijaya Lantern Festival dengan 39 sub-eventnya, atraksi menarik dari event ini ialah akan ada ratusan lampion diterbangkan pada Januari hingga Februari 2020.

Baca juga: Depok ingin tingkatkan wisata situ lewat Tour de Situ

Selain itu terdapat Pawai Pembangunan berbalut Karnaval Budaya Nusantara yang dihidupkan kembali setelah bertahun tahun tidak dilaksanakan, event ini dilaksanakan pada perayaan kemerdekaan Indonesia.

Beriringan dengan event-event tersebut, pihaknya sedang mematangkan paket-paket wisata religi berbasis Sungai Musi yang dapat digunakan wisatawan jika ingin mengunjungi beberapa destinasi wisata sekaligus.

"Kami juga berencana mengundang kabupaten/kota di Indonesia untuk menyemarakkan berbagai event, dan mengundang kota-kota di dunia yang ada hubunganya dengan Sriwijaya seperti Tiongkok atau India untuk event bertema Sriwijaya," tambah Isnaini.

Agar lebih meriah, pihaknya mengundang kabupaten/kota di sekitar Kota Palembang agar mengikuti berbagai event seperti Festival Perahu Bidar Tradisional, agar lebih menarik wisatawan mancanegara untuk menyaksikanya.

Pihaknya optimis dengan bantuan para stakeholder dalam menggelar 100 event tersebu, maka kunjungan wisatawan pada 2020 akan meningkat, apalagi pariwisata sudah menjadi andalan dengan menyumbang 30 persen Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Palembang selama 2019.

"Target kami memang tidak muluk-muluk, 2019 ini kunjungan kami perkirakan sampai 2,1 juta, maka 2020 nanti bisa naik jadi 2,2 juta kunjungan," demikian Isnaini.
Baca juga: KKP terus fokus kembangkan wisata bahari berbasis konservasi

Pewarta: Aziz Munajar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019