Sidoarjo (ANTARA) - Petugas Kepolisian Resor Kota Sidoarjo Jawa Timur mendirikan pos komando tanggap bencana di Sungai Porong, Sidoarjo sebagai bentuk antisipasi bencana saat memasuki musim hujan saat ini.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho, saat dikonfirmasi di Sidoarjo, Selasa mengatakan hal itu dilakukan sebagai langkah kesiapan Polresta Sidoarjo memasuki musim hujan.

"Keberadaan posko tanggap bencana sebagai upaya Polresta Sidoarjo bersama instansi terkait bila terjadi banjir di jalan raya Tanggulangin-Porong, serta untuk mengawasi kenaikan air di tanggul lumpur Porong di saat hujan turun," katanya saat mengecek posko tanggap bencana di jalan raya Porong, Sidoarjo.

Ia mengatakan, personel dan alat siaga bencana Polresta Sidoarjo, disiagakan di posko tanggap bencana di Porong ini.

"Bila sewaktu-waktu terjadi banjir maka kami siap dengan segala upaya, termasuk pengalihan arus lalu lintas hingga mengimbau masyarakat agar tidak naik ke atas tanggul," kata Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho.

Ia mengatakan, Polsek jajaran juga telah bersinergi bersama Koramil dan Forkopimka, jika terjadi bencana yang tidak diinginkan.

"Misalkan bila terjadi puting beliung, Polresta Sidoarjo bersama instansi terkait telah siap melakukan tindakan tanggap bencana," katanya.

Di Kabupaten Sidoarjo, kata dia, posko tanggap bencana, selain ada posko tanggap bencana Polresta Sidoarjo di Porong juga ada di wilayah Sidoarjo Kota, yakni posko terpadu tanggap bencana di BPBD Kabupaten Sidoarjo.

"Kami akan selalu bersinergi dengan instansi lainnya untuk mengantisipasi terjadinya bencana di Kabupaten Sidoarjo," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019