Kawasan 256.000 hektare ibu kota negara nantinya, betul-betul menjadi kawasan hutan mencerminkan Kalimantan sebenarnya
Penajam (ANTARA) - Sebanyak tujuh menteri mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau langsung lokasi ibu kota negara Indonesia yang baru di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara di Provinsi Kalimantan Timur.

Presiden Jokowi yang meninjau lokasi ibu kota negara baru pada Selasa sore itu, didampingi Sekretaris Kabinet Promono Anung, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Tohir, serta Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono juga ikut mendampangi Presiden.

Baca juga: RUU ibu kota baru akan mulai dibahas Januari 2020

Nampak pula Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor dan Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud hadir dalam kunjungan Presiden di lokasi ibu kota negara baru di wilayah Kecamatan Sepaku tersebut.

Rombongan Presiden Jokowi tiba di Menara Sudharmono di kawasan Hutan Tanam Industri PT ITCI Hutani Manunggal di Kelurahan Pemaluan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara sekitar pukul 16.30 WITA.

Di bawah guyuran hujan, Presiden berkeliling di sekitar menara pemantau api berwarna kuning setinggi lebih kurang 20 meter tersebut yang diperkirakan titik nol lokasi ibu kota negara Indonesia yang baru tidak jauh dari menara itu.

"Pembangunan infrastruktur ibu kota negara akan mulai dibangun pertengahan 2020, sebab desain gagasan akan diputuskan dan digambar detail, yang ditarget selesai selama enam bulan," ungkap Presiden Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi tinjau lokasi ibu kota baru

Kawasan ibu kota negara lanjut Presiden, dibagi menjadi tiga kawasan, yakni kawasan inti pemerintahan, kawasan ibu kota negara dan kawasan perluasan ibu kota negara.

Namun, untuk lokasi Istana Negara serta gedung pemerintahan belum dapat dipastikan karena menurut Jokowi, lokasinya akan ditentukan oleh arsitek yang membuat perencanaan pembangunan ibu kota negara.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil menyatakan, lokasi ibu kota negara Indonesia yang baru di wilayah Provinsi Kalimantan Timur tersebut berbentuk forest atau hutan yang mencerminkan identitas Pulau Kalimantan.

"Kawasan 256.000 hektare ibu kota negara nantinya, betul-betul menjadi kawasan hutan mencerminkan Kalimantan sebenarnya," ujarnya.

Baca juga: Mobil menteri terperosok di jalan menuju ibu kota baru

Lokasi pemindahan ibu kota negara Indonesia telah ditetapkan Presiden Joko widodo di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara.

Sepaku adalah satu kecamatan di Kabupaten Penajam Paser Utara yang memiliki empat kelurahan dan 11 desa berbatasan dengan Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Baca juga: Presiden Jokowi: Kebun bibit akan dibangun di ibu kota baru

Baca juga: Presiden Jokowi temui tokoh adat Kalimatan Timur

Pewarta: Novi Abdi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019