Yogyakarta (ANTARA) - Shinta Nuriyahstri istri mendiang Presiden Abdurrahman Wahid menerima gelar doktor kehormatan atau honoris causa (HC) bidang Sosiologi Agama dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Rabu.

Rapat Senat Terbuka Penganugerahan gelar doktor HC untuk Shinta Nuriyah berlangsung di Gedung Prof. Amin Abdullah, UIN Sunan Kalijaga.

Dalam penganugerahan itu, Shinta menyampaikan pidato ilmiah berjudul "Inklusi Dalam Solidaritas Kemanusiaan: Pengalaman Spiritualitas Perempuan dalam Kebhinekaan".

Pidato itu mengupas pengalaman spiritualnya dalam mengenalkan sahur keliling di Bulan Ramadhan sebagai sarana penempa ketakwaan, serta mempertajam pengertian Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

"Kegiatan ini (sahur keliling) membuat kami betul-betul bisa merasakan, betapa indahnya kerukunan dan betapa hangatnya keberasamaan," kata dia.

Kegiatan sahur keliling itu telah digelar Sinta selama 19 tahun sejak tahun 2000 bersama Yayasan Puan Amal Hayati serta sejumlah organisasi kemasyarakatan seperti Gusdurian, Anshor, Matakin, ANBTI hingga Keuskupan Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Menurut Shinta, sahur keliling merupakan sebuah cara yang unik untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Baca juga: Shinta Nuriyah: masyarakat jangan terpecah belah

Ibadah puasa, kata dia, bukan sekadar rutinitas keagamaan tahunan, tetapi di dalamnya banyak terkandung pesan moral serta ajaran nilai-
nilai luhur yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti jujur, sabar, sederhana, kasih sayang, keprihatinan, harapan, keuletan hidup dan lainnya.

Selain itu, kata Shinta, puasa juga mengajarkan tentang persaudaraan sejati di antara sesama umat manusia, tanpa memandang latar belakang agama, suku, golongan maupun status sosialnya.

"Ajaran yang sangat tepat buat negara Indonesia, sebagai negara yang penduduknya terdiri dari berbagai suku bangsa," kata dia.

Oleh karena itu, puasa seharusnya mampu mengubah perilaku, gaya hidup serta pola pikir pelakunya ke arah yang lebih baik dan lebih positif.

"Karena implikasi dari penyucian jiwa itu, arahnya pada tindakan sosial seperti kasih sayang, tidak arogan, toleran, solider dan berempati kepada yang menderita," kata dia.

Ia mengatakan pengalaman hidup dari satu kota ke kota yang lain, serta pergaulan dengan berbagai macam suku, agama, dan budaya, telah menorehkan berbagai macam warna dalam spektrum pola pikir dan aktivitasnya.

Kepeduliannya terhadap program-program kemanusiaan dan pluralisme semakin menguat tatkala dirinya menjadi Ibu Negara mendampingi Gus Dur sebagai Presiden Republik Indonesia yang ke-4.

"Inilah yang mendorong saya untuk menciptakan program- program pluralisme dan kemanusiaan, sebagaimana yang saya lakukan sampai sekarang," kata dia.

Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. Yudian Wahyudi menilai Shinta Nuriyah pantas mendapatkan anugerah doktor kehormatan itu karena telah berkontribusi memperkuat persatuan bangsa.

"Selamat kepada Ibu Shinta dan keluarga, juga kepada bangsa Indonesia. Mudah-mudahan dari ini kita mengambil pelajaran bagaimana tokoh-tokoh yang sudah memberikan kontribusi bagi persatuan Indonesia kita beri penghargaan," kata Yudian

Rapat Senat Terbuka penganugerahan Doktor HC untuk Shinta Nuriyah dihadiri sejumlah tokoh, di antaranya Menko Polhukam Mahfud MD, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, serta mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Baca juga: Shinta Nuriyah: Proses pemilihan capim KPK sisakan banyak persoalan

 

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019