Puncak HKSN 2019 di Kalsel bakal dihadiri ribuan tamu VVIP dan VIP

Puncak HKSN 2019 di Kalsel bakal dihadiri ribuan tamu VVIP dan VIP

Jumpa pers HKSN 2019 di Gedung PWI Kalsel di Banjarmasin. (FOTO ANTARA/Firman)

Target kami total ada sekitar 15.000 orang hadir untuk turut memeriahkan rangkaian kegiatan HKSN di Kota Banjarbaru nanti
Banjarmasin (ANTARA) - Sebanyak 3.400 tamu VVIP dan juga VIP dipastikan menghadiri puncak Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2019 di Kalimantan Selatan pada Jumat (20/12) mendatang.

Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan Diyah Anur Yani mengatakan banyaknya delegasi HKSN yang hadir dari seluruh Indonesia menjadikan ajang HKSN tahun ini digadang-gadang menjadi yang terbesar sekaligus paling meriah.

"Target kami total ada sekitar 15.000 orang hadir untuk turut memeriahkan rangkaian kegiatan HKSN di Kota Banjarbaru nanti," katanya di Banjarmasin, Rabu.

Terkait kabar rencana kehadiran Presiden Joko Widodo atau Wakil Presiden Ma'ruf Amien , Diyah belum berani memastikan. Namun pada prinsipnya panitia sudah siap jika memang berkenan hadir.

"Suatu kebanggaan bagi daerah tentunya jika pemimpin negeri ini bisa hadir," katanya.

Pada acara nanti, Menteri Sosial Juliari P. Batubara juga menyerahkan penghargaan Satyalancana Kesetiakawanan Sosial untuk kepala daerah yang peduli terhadap masalah kesejahteraan sosial.

Kemudian penghargaan serupa juga diberikan Mensos bagi pemerhati pelayanan kesejahteraan sosial yang sepanjang tahun 2019 telah menunjukkan dedikasi dan kepeduliannya untuk masyarakat yang membutuhkan.
Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan Diyah Anur Yani. (FOTO ANTARA/Firman)


Menurut Diyah, Hari Kesetiakawanan Sosial bakal benar-benar diwujudkan untuk menggambarkan kebersamaan seluruh lapisan masyarakat. Jadi peringatan HKSN tidak hanya untuk orang yang bergerak di bidang sosial tetapi semua orang bisa turut berbahagia merasakannya.

"Maka dari itu, kami juga melibatkan 1.000 Pramuka, 1.000 guru dari IGTKI dan PGRI, para relawan, Tagana dan sebagainya hingga kaum milenial dari pelajar dan mahasiswa yang nanti menampilkan tari kolosal kesetiakawanan. Termasuk 200 pedagang kaki lima (PKL) juga kami berikan wadah berjualan hingga acara ini benar-benar merakyat," tandasnya.

Masyarakat yang hadir di kawasan perkantoran Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan pun bisa mengunjungi pameran yang digelar selama tiga hari dari hari Jumat (20/12) hingga Minggu (22/12).

Pameran itu berisi informasi tentang bebagai pelayanan kesejahteraan sosial dari Dinas Sosial seluruh Indonesia.

Sebagai rangkaian dari Peringatan HKSN 2019, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor memimpin tur Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial (LBKS) dengan melintasi enam kabupaten.

Dari setiap persinggahannya di enam titik tersebut, gubernur menyerahkan bantuan sarana lingkungan seperti bantuan kelompok usaha bersama, bantuan sembako, alat bantu untuk penyandang disabilitas, alat pemeriksaan kesehatan hingga menggelar sunatan massal gratis.

HKSN Nasional diperingati setiap tanggal 20 Desember yang bertujuan sebagai cara untuk melestarikan dan mengembangkan nilai serta mengamalkan kesetiakawanan sosial dalam masyarakat, sehingga bisa melaksanakan pembangunan kesejahteraan sosial.

Baca juga: Semangat kesetiakawanan sosial harus digelorakan generasi milenial

Baca juga: Mensos beri penghargaan kesetiakawanan sosial

Baca juga: HKSN momentum gugah kebersamaan saling bantu



 

Pewarta: Firman
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar