Jakarta (ANTARA) - GoLife, salah satu layanan dari ekosistem Gojek yang membidik segmen gaya hidup, akan menutup beberapa layanan di aplikasi mereka karena "pemfokusan layanan".

"Dalam menjalankan misi tersebut, kami selalu mengutamakan pengembangan produk yang didasari oleh kebutuhan dan tingkat permintaan konsumen, termasuk mengoptimalkan produk yang telah membuktikan keunggulannya di pasar," kata Head of GoLife Wesly Simatupang, melalui keterangan resmi, Rabu.

GoLife tidak lagi melanjutkan layanan GoGlam, GoFix, GoAuto, GoDaily, GoLaundry dan Service Marketplace. Layanan GoLaundry dan GoDaily masih tetap beroperasi hingga akhir tahun ini, 31 Desember 2019.

Sementara layanan GoFix, GoGlam dan Service MarketPlace, yang masih dalam tahap percobaan, beroperasi hingga pertengahan Januari 2020.

Sementara untuk layanan GoClean dan GoMassage, yang menyumbang hampir 90 persen dari total pesanan di GoLife, menurut Wesly perlu pengkajian ulang agar tetap tumbuh.

"Pengkajian dan pemfokusan ulang perlu dilakukan supaya pertumbuhan usaha terus berkesinambungan, sekaligus memastikan konsumen tetap dapat menikmati layanan maksimal dari ekosistem GoLife," kata Wesly tentang GoClean dan GoMassage.

Kebijakan untuk mitra GoLife

Sementara untuk mitra yang bergabung dengan GoLife, mereka ditawari kesempatan untuk bergabung dengan layanan Gojek lainnya seperti GoRide, GoCourrier, rekan usaha GoPay dan GoTix sampai mitra Usaha Mapan.

"Memberikan pelatihan dan modal awal bagi yang bergabung menjadi mitra Usaha Mapan, untuk memudahkan memulai usaha baru," kata Wesly.

GoLife memberikan kepada istri mitra GoFix untuk mendaftar ke Usaha Mapan.

GoLife menyatakan membuka kesempatan bagi para mitra mereka untuk masuk ke platform layanan online sejenis yang ada di pasar, misalnya dengan memfasilitasi mitra untuk menghadiri Bursa Kerja Mandiri yang diselenggarakan Kementerian Ketenagakerjaan.

GoLife merupakan aplikasi terpisah dari Gojek, mereka tetap menyediakan opsi pembayaran dengan dompet digital GoPay. Aplikasi tersebut saat ini menawarkan layanan GoMassage, GoClean, GoAuto, GoGlam, GoFix, GoDaily dan GoLaundry.

Baca juga: HP Indonesia dan GO-LIFE beri kemudahan belanja tinta

Baca juga: Gojek klaim berkontribusi Rp55 triliun bagi perekonomian Indonesia

Baca juga: Gojek perkenalkan potensi film Indonesia lewat Goplay

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2019