Tanjungpinang (ANTARA) (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Riau (Kepri) mengerahkan sebanyak 1.956 personel gabungan untuk mengamankan 1.905 objek vital pada perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. "Objek pengamanan antara lain gereja, ATM, hotel, bank, lokasi wisata, 'money changer', objek wisata pergantian tahun, pasar, mal, bandara, terminal, dan pelabuhan," kata Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto di Tanjungpinang, Rabu.

Baca juga: Kapolda Kepri cek kesiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru

Polda Kepri dan jajaran juga menggelar 55 pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu dalam pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Andap mengimbau agar setiap personel yang bertugas siap secara mental maupun materiil, terutama para petugas yang ada di pos pelayanan, pos pengamanan, dan pos terpadu.

Baca juga: Mahfud MD temui Idham Azis bahas kesiapan pengamanan Operasi Lilin

Selain menguasai data, lanjut dia, setiap petugas juga harus mengikuti perkembangan terkini di luar, baik masalah kondisi cuaca dari BMKG maupun hal-hal lain.

"Ingat, bahwa Operasi Lilin Seligi ini adalah bagian dari operasi kemanusiaan. Ukuran keberhasilan dari operasi ini adalah tak ada korban dan tetap lindungi, layani, dan ayomi masyarakat," katanya.

Baca juga: Mahfud : Polri siap amankan Natal dan Tahun Baru

Andap mengatakan, rasa aman adalah sebuah syarat mewujudkan program pembangunan di daerah yang sudah dicanangkan oleh pemerintah.

"Untuk Natal dan Tahun Baru nanti kita semua telah berkomitmen, bahwa siapapun yang datang ke Kepri harus dijamin keamanannya tanpa terkecuali," kata Andap.

Plt.Gubernur Kepri Isdianto meminta kepada masyarakat agar dalam menjaga keamanan di Kepri tidak hanya dibebankan kepada aparat TNI dan Polri saja. Namun secara sadar masyarakat juga harus ikut terlibat langsung.

Semua pihak, kata Isdianto, perlu mewujudkan keamanan, kenyamanan, dan ketenteraman bagi masyarakat Kepri maupun para pendatang yang ada di Kepri dalam merayakan Natal dan malam pergantian tahun.

"Mari jaga kondusivitas Kepri, biar perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 berjalan lancar dan khidmat bagi yang merayakannya," kata Isdianto.

Pewarta: Ogen
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2019