Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) meluncurkan Zavira sebagai asisten virtual zakat digital melalui media perpesanan LINE yang cara kerjanya sebagai robot percakapan (chatting robot/chatbot).

Anggota BAZNAS Emmy Hamidiyah dalam jumpa persnya di Jakarta, Rabu, mengatakan inovasi di dunia digital untuk pengumpulan zakat menjadi salah satu fokus pengembangan. "Total 15 persen pengumpulan zakat pada 2019 berasal dari dunia digital," katanya.

Dia mengatakan pertumbuhan pengumpulan zakat dari kanal digital terus berkembang dari total tiga persen pengumpulan zakat pada 2017 menjadi enam persen pada 2018 dan 15 persen di tahun 2019.

Baca juga: Baznas gandeng "ralali.com" untuk kurban digital
Baca juga: Uang digital DANA tambah fitur zakat


Pada 2020, kata dia, BAZNAS memperkirakan pengumpulan zakat digital dapat tumbuh menjadi 30 persen dari total pengumpulan ZIS. Seiring naiknya tren melek internet dan pengumpulan zakat digital tersebut membuat kehadiran Zavira semakin penting.

"Memasuki 2021 koleksi digital dapat didorong dalam porsi 50 persen. Untuk itu, kami akan terus tingkatkan pendekatan pembayaran zakat digital dalam upaya membantu pengentasan kemiskinan di Indonesia," katanya.

Emmy mengatakan chatbot Zavira tersebut dikembangkan bersama PT Telkom Indonesia fungsinya memudahkan pezakat/muzaki mendapatkan layanan zakat selama 24 jam lewat kanal LINE. Pengguna tinggal menambahkan chatbot tersebut dari aplikasi.

Baca juga: Bukalapak tambah fitur donasi digital Baznas
Baca juga: Baznas sasar 30 persen zakat dari jalur digital


Zavira, kata dia, merupakan bagian dari inovasi zakat digital BAZNAS dalam bentuk kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) sebagai layanan kemudahan pembayaran zakat, infak, sedekah (ZIS) bagi muzaki melalui media sosial.

Untuk menambahkan AI Zavira, dia mengatakan pengguna dapat menambahkan @BAZNASIndonesia sebagai teman di menu akun resmi LINE. Pengguna dapat bertanya kepada Zavira seputar ZIS.

Emmy mengatakan dalam aplikasi tersebut juga disediakan fitur Kalkulator Zakat untuk memberi informasi tentang cara penghitungan zakat penghasilan, zakat mal, bayar sedekah dan bayar zakat.

GM Central Government Service PT Telkom Indonesia, Rachmad Dwi Hartanto, berharap kerja sama dengan BAZNAS dapat memberikan dampak yang lebih luas bagi masyarakat serta meningkatkan kesadaran mereka menunaikan zakat demi kemaslahatan umat.

Baca juga: Baznas gunakan fintech kumpulkan zakat digital
Baca juga: Kurban Digital mudahkan berkurban

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019