Musim hujan tiba, waspadai ISPA hingga penyakit kulit

Musim hujan tiba, waspadai ISPA hingga penyakit kulit

Ilustrasi penyakit musim hujan (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Berbagai penyakit bisa menyerang Anda terutama di musim hujan seperti saat ini salah satunya infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

"Saat musim hujan penyakit yang sering muncul itu ISPA, dua minggu terakhir tinggi. Lalu diare akibat virus, masalah kulit seperti gatal-gatal dan varicella," ujar dr. Sumiati Yusup, Kepala Klinik Pratama Permata Bunda, Bekasi Timur di Jakarta, Rabu.

Agar tak terkena sederet penyakit itu, dia menyarankan Anda memperkuat sistem kekebalan tubuh salah satunya menerapkan pola makan sehat.

Secara pribadi, Sumiati menggeser asupan makanan mengandung karbohidrat ke siang hari. Untuk sarapan, dia memilih buah potong atau jus buah ketimbang makanan mengandung karbohidrat dan ini membuatnya merasa kenyang hingga pukul 10.00.

"Dua minggu terakhir tidak sarapan karbohidrat, tetapi saya geser jamnya. Pagi saya coba makan buah, jus, biasanya salad, buah potong. Karbohidrat ditahan. Ketika makan buah jam 9 dan 10 pagi merasa kenyang," kata dia.

Mengatur asupan karbohidrat, menurut dia juga demi mempertahankan berat badan normal dan menghindari datangnya penyakit-penyakit degeneratif.

"Malamnya ketika sudah terlalu lapar makan secukupnya. Kalau sudah kenyang ya makan buah dan sedikit karbo. Untuk pertahankan berat badan dengan menjaga pola makan untuk menghindari penyakit-penyakit generatif," tutur dia.

Asupan air yang mencukupi kebutuhan tubuh juga penting agar tubuh tetap terhidrasi dan metabolisme sehat.


Baca juga: Dewi Hughes sukses turunkan berat badan 90 kg, ini tips dietnya

Baca juga: Tetap sehat kala musim hujan, simak kiat ini

Baca juga: Waspadai DBD dan penyakit kaki gajah pada musim hujan

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Musim pancaroba, Dinkes Madiun waspadai kasus ISPA dan DBD

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar