Surabaya (ANTARA) - Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengingatkan anggotanya agar menjaga kekompakan saat mengamankan perayaan Natal 2019 dan malam Tahun Baru 2020.

"Di pundak TNI/Polri, negara menaruh harapan besar agar Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 terlaksana dengan aman, tertib, dan baik," ujar Kapolri Jenderal Idham Aziz saat memberi pengarahan kepada anggota TNI/Polri dalam persiapan pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di GOR Makodam V Brawijaya Surabaya, Rabu.

Baca juga: Kapolri dan Panglima TNI cek pengamanan Katedral Semarang

Menurut dia, jika TNI/Polri tidak kompak maka ada saja yang berusaha menyusup agar TNI/Polri terpecah sehingga hal tersebut tidak boleh terjadi.

"Kehadiran saya dan Panglima TNI menandakan sinergitas itu terjaga, hanya baju kami yang membedakan, tapi pengabdian dan idealisme kami sama-sama untuk NKRI," ucap jenderal polisi bintang empat tersebut.

Baca juga: Panglima TNI: 17.190 prajurit siap amankan Natal dan Tahun Baru

Pada kesempatan sama, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan TNI dan Polri telah membantu membangun fondasi persatuan dan kesatuan bangsa.

Ia menambahkan TNI dan Polri adalah institusi besar, institusi vertikal yang memiliki kekuatan besar, yakni 470 ribu personel Polri dan 490 ribu personel TNI, termasuk memiliki jangkauan yang luas sampai ke desa-desa.

Baca juga: Mahfud : Polri siap amankan Natal dan Tahun Baru

"TNI memiliki Babinsa dan Polri memiliki Bhabinkamtibmas. TNI/Polri harus kerja sama lebih erat dan kerja lebih keras lagi," katanya.

Sementara itu, setelah memberikan pengarahan, Kapolri dan Panglima TNI mengunjungi Gereja Santa Maria Tak Bercela (SMTB) Surabaya untuk memastikan pengamanan menjelang Natal.

Pewarta: Fiqih Arfani/Willy Irawan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2019