Tips memilih gawai untuk kado Natal

Tips memilih gawai untuk kado Natal

iPhone 11 Series (ANTARA/Arindra Meodia)

Jakarta (ANTARA) - Musim belanja untuk Hari Raya Natal dan libur tahun baru sudah dimulai, banyak orang yang ingin memberikan hadiah berupa gawai, misalnya ponsel baru, untuk orang-orang terdekatnya.

Di tengah banyaknya diskon jelang akhir tahun, konsumen sebaiknya memahami fungsi gawai yang ingin mereka jadikan hadiah, jangan hanya tergiur penawaran harga.

Berikut ini tips memilih gawai, dikutip dari laman Cnet.

1. Perhatikan gawai yang sudah dimiliki

Sebelum membelikan ponsel baru untuk ayah, misalnya, perhatikan dengan teliti ponsel seperti apa yang biasa dia gunakan sehari-hari.

Usahakan memilih ponsel yang dapat dia gunakan dengan baik, mungkin belum tentu harus ponsel yang paling canggih yang ada di pasaran sekarang.

Cermati juga gawai apa yang sudah dimiliki orang yang ingin diberi hadiah, misalnya memberi Apple Watch untuk pengguna ponsel Android tentu bukan pilihan yang tepat.

2. Perlu kah aksesoris tambahan?

Jangan ragu untuk bertanya pada penjual apakah gawai yang dibeli sudah langsung dapat digunakan begitu dibuka atau memerlukan aksesoris tambahan, agar tidak menyulitkan orang yang diberi hadiah.

Misalnya, apakah perlu membeli casing tambahan untuk melindungi ponsel. Jika ingin memberikan ponsel tanpa jack audio, pertimbangkan untuk memberi dongle USB agar dia tetap bisa memakai earphone tanpa harus membeli yang nirkabel.

3. Cermati paket di ponsel

Jika ingin membelikan ponsel baru untuk kado, perhatikan apakah ponsel tersebut dijual satu paket dengan nomor dari operator tertentu untuk mendapat potongan harga. Jika ya, apakah provider seluler tersebut memang yang biasa dipakai orang tersebut atau penggunaannya sesuai dengan kebutuhannya.

4. Perhatikan ulasan

Luangkan waktu untuk membaca dan menonton ulasan tentang gawai yang ingin dijadikan kado, misalnya apakah baterai gawai tersebut tahan lama atau apakah gawai tersebut aman digunakan.

5. Pembaruan perangkat lunak

Jangan lupakan urusan perangkat lunak ketika ingin membeli gawai. Cari informasi apakah gawai tersebut masih bisa mendapatkan pembaruan perangkat lunak agar gawai tetap dapat digunakan dan keamanan terjamin.

 
Baca juga: Tips agar tak tertipu beli gawai di toko online

Baca juga: Abadikan momen liburan dengan smartphone, ini kiatnya

Baca juga: Tips memilih kado Natal ala Susan Bachtiar

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Umroh jadi pilihan warga Kendari saat libur Natal dan Tahun Baru

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar