Sampang (ANTARA) - Bupati Sampang, H Slamet Junaidi, meminta agar Komisi IV DPR memperjuangkan nasib para petani, dengan mengalokasikan anggaran yang memadai untuk peningkatan produksi hasil pertanian.

"Kami selaku kepala daerah mohon kiranya Komisi IV DPR RI, terutama yang membidangi pertanian ini bisa membantu kebutuhan masyarakat, kemudian bisa mengusulkan program-program nyata kepada masyarakat Sampang," kata dia, saat menyampaikan sambutan, menyambut kedatangan rombongan kunjungan kerja Komisi IV DPR dalam rangka reses masa persidangan 1 tahun 2019-2020 di Pendopo Sampang, Rabu.

Dalam kesempatan itu Junaidi memaparkan segala kondisi geografi Kabupaten Sampang yang rata-rata penduduknya adalah petani. Dorongan wakil rakyat yang ada di DPR sangat diharapkan oleh masyarakat, agar masyarakat petani bisa lebih sejahtera. Selain itu, yang juga menjadi usulan Bupati Sampang adalah para petani garam.

Baca juga: Mengadukan nasib, sejumlah petani tebu kirim surat ke presiden

Menurut dia, pada musim produksi garam tahun ini, petani garam di Sampang banyak yang rugi, karena Harga Pokok Produksi (HPP) dengan penjualan tidak seimbang.

"Kalau kita bicara masalah harga garam tidak akan selesai lima jam pak, karena sudah saya dalami sejak duduk di parlemen, yang sering menjadi korban adalah masyarakat petani garam," kata dia.

Pesan khusus yang juga disampaikan Junaidi dalam acara itu adalah kepada mantan Bupati Probolinggo, Hasan Aminuddin, yang kini juga menjadi anggota DPR dari Partai Nasional Demokrat.

Baca juga: Akibat tumpahan minyak, petani garam rugi hingga lebih dari Rp500 juta

Junaidi menjelaskan, mereka menginginkan agar ada pertukaran komoditas antara Sampang dengan Probolinggo, untuk memaksimalkan manfaat transportasi laut dari Pelabuhan Tadden, Sampang menuju Probolinggo yang baru diresmikan beberapa hari lalu.

"Lahan sayur mayur di sini memang tidak ada, tapi di Probolinggo tidak punya garam, maka itu kita ingin bisa memanfaatkan jalur laut itu tentunya dengan segala bantuan dan infrastruktur yang harus mumpuni," kata dia.

Wakil Ketua Komisi IV DPR, Hasan Aminuddin, menjelaskan, selain untuk bersilaturrahmi, kunjungan kerja tersebut juga untuk menyerap aspira menuju pembangunan yang lebih baik.

Salah satu fungsi wakil rakyat menurutnya adalah menetapkan anggaran, dan hal itu akan diperjuangkan di parlemen sesuai tupoksi dan bidangnya masing-masing. 

Baca juga: Sebagian produksi garam rakyat Sampang 2018 belum terserap

Politisi Fraksi NasDem ini menuturkan, ada beberapa komitmen yang akan direalisasikan di Kabupaten Sampang. Seperti rencana pembangunan pasar sehat dan bersih.

"Keinginan kami ini ada pasar di Sampang yang tidak ada lalat, artinya pasar yang sehat dan bersih, semoga ini akan bisa tercapai segera mungkin," ujar Ketua Tim rombongan kunker Komisi IV DPR.

Usai penyampaian sambutan, Komisi IV DPR secara simbolis memberikan bantuan berupa 2 ribu pohon bibit, 3 unit motor sampah, 1 unit pencacah sampah, dan 1 unit mesin pres sampah plastik.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019