Kali ini BTN berinovasi dengan menyajikan aplikasi BTN Properti Mobile yang memberikan berbagai kemudahan berbasis teknologi bagi generasi milenial
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Tabungan Negara Persero Tbk meluncurkan aplikasi di ponsel pintar bersistem operasi Android bernama "BTN Property Mobile" untuk memudahkan aksesibilitas nasabah terutama generasi milenal dalam mengajukan Kredit Pemilikan Rumah.

"BTN Properti Mobile versi Android. bersiap menguasai pasar milenial, terutama bagi mereka yang belum memiliki hunian," kata Direktur Utama Bank BTN Pahala N. Mansury di Jakarta, Rabu.

Pahala mengatakan perseroan melihat potensi besar dari generasi milenial yang belum memiliki rumah di Indonesia. Data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut ada 81 juta orang di segmen generasi milenial yang belum memiliki rumah. Angka tersebut setara 31 persen dari jumlah populasi di Indonesia.

"Sebagai pemimpin pasar KPR di Tanah Air, kali ini BTN berinovasi dengan menyajikan aplikasi BTN Properti Mobile yang memberikan berbagai kemudahan berbasis teknologi bagi generasi milenial yang dekat dengan teknologi," ujar Pahala.

Pahala menjelaskan ada berbagai fitur BTN Properti Mobile, seperti fitur 4D Tour Services yang membuat penggunanya dapat melihat unit rumah tanpa harus ke lokasi.

Fitur lain yang ditawarkan yakni "tracking" atau penelusuran pengajuan kredit berdasarkan data terbaru sehingga dapat mengetahui status permohonan kredit. BTN juga menawarkan fasilitas pemesanan (booking) atau "fee payment" melalui e-channel lewat aplikasi ini. Melalui aplikasi tersebut, pengguna juga dapat melihat kondisi fasilitas umum di sekitar unit rumah.

"Calon debitur juga bisa mengajukan permohonan KPR secara daring melalui aplikasi BTN Properti Mobile Apps ini dan juga melalui situs www.btnproperti.co.id," kata Pahala.

Adapun, dalam situs tersebut, calon debitur bisa memilih hunian dari 507.445 unit properti milik sekitar 1800 pengembang.

Dalam kesempatan yang sama, Pahala juga meluncurkan kembali (relaunching) Program "KPR Gaeesss For Millenials" dengan tampilan baru dan dapat diakses lewat aplikasi BTN Properti Mobile.

Pahala mengatakan program KPR tersebut diracik sesuai dengan karakteristik kaum milenial yang menginginkan layanan yang dapat dengan mudah diakses dan cicilan yang terjangkau.

"Melalui relaunching ini kami menekankan bahwa KPR Gaeesss tersebut merupakan KPR untuk milenial yang merupakan program dari Bank BTN yang memiliki pengalaman sejak lama di sektor pembiayaan perumahan di Indonesia," jelas Pahala.

KPR Gaeesss For Millenials ditujukan sebagai kredit pemilikan hunian bagi kaum milenial berusia 21-35 tahun. Untuk KPR bagi kalangan muda ini, BTN memberikan berbagai strategi menarik di antaranya bebas biaya administrasi, suku bunga satu digit, diskon provisi 50 persen, dan jangka waktu kredit hingga 30 tahun.

BTN juga berjanji tidak mengikat para debitur dengan membebaskan mereka dari pengendapan dana. Perseroan juga menawarkan fasilitas berupa memasukkan biaya proses akad kredit KPR ke plafon kredit.

"Selain itu, program ini pun dapat di-bundling dengan KPR Zero yang meliburkan pembayaran pokok selama 2 tahun. KPR Gaeesss For Millenials ini pun bisa dinikmati tidak hanya di ibu kota, tapi juga di seluruh Indonesia," ujar Pahala.

Adapun, sejak resmi ditawarkan pada Oktober 2018 hingga November 2019, BTN sukses mencatatkan penyaluran KPR Gaeesss senilai Rp9,3 triliun. Nilai tersebut setara penyaluran untuk 27.593 unit hunian bagi kalangan milenial.

Adapun hingga akhir November 2019, secara tota BTN mencatatkan penyaluran KPR secara keseluruhan mencapai Rp190,15 triliun. Posisi tersebut tercatat naik 11,2 persen secara tahunan dari Rp171 triliun per November 2018.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019