Jakarta (ANTARA) - Sampah yang tersangkut di kabel-kabel optik bawah tanah menjadi penyebab langganan genangan yang terjadi di kawasan Kedoya Green Garden Kedoya Utara, Kebon Jeruk Jakarta Barat.

Hujan lebat yang terjadi pada Selasa (17/12) mengakibatkan sejumlah kawasan di Jakarta Barat, tak terkecuali Green Garden tergenang selama lebih dari dua jam.

"Dua minggu lalu tim Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Barat habis kerja bakti di situ, ditemukan sampah-sampah penuhi penyambung saluran karena terhambat pipa dan kabel," kata Purwanti di Jakarta, Rabu.

Pipa dan kabel-kabel yang memenuhi saluran itu membuat Tim SDA kesulitan membersihkan sampah-sampah yang memenuhi kolong penyambung saluran di kawasan tersebut.

Baca juga: Wali Kota Jaksel pastikan timnya siap antisipasi banjir musim hujan

Baca juga: Kemarin, nasib Lurah Jelambar hingga alasan ada genangan di Jakarta

Baca juga: Genangan di Jakarta karena "antrean air" tidak seimbang


Apalagi kata Purwanti, kabel dan pipa yang memenuhi penyambung saluran sudah cukup panjang.

Untuk mengatasinya, Sudin SDA Jakarta Barat berencana memperlebar penyambung saluran tersebut dan membuat mulut air atau vangkom. Pelebaran penyambung sakuran direncanakan untuk tahun 2020.

Sementara penyambung saluran belum diperlebar, mereka sudah membuat beberapa sumur resapan untuk mencegah genangan di wilayah tersebut.

"Jadi bertahap lah. InsyaAllah kalau sudah dibangun dan diperbesar enggak akan ada genangan lagi," kata Purwanti.




 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019