Puan Maharani: Siapapun calon mendapatkan rekomendasi wajib didukung

Puan Maharani: Siapapun calon mendapatkan rekomendasi wajib didukung

Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani (tiga dari kanan), saat menghadiri acara Konsulidasi "Tiga Pilar Partai" di Gedung PGRI Sukoharjo, Rabu malam. ANTARA/Bambang Marwoto

Sukoharjo (ANTARA) - Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani, menyebutkan siapapun calon yang mendapatkan rekomendasi partai dalam Pilkada 2020 wajib didukung.

"Kami akan mengawal rekomendasi untuk calon yang akan maju Pilkada 2020," kata dia, di sela "Konsolidasi Tiga Pilar Partai" yang digelar di Gedung PGRI Sukoharjo, Rabu malam.

Menurut dia, surat rekomendasi partai akan diberikan kepada calon yang dinilai memiliki kans untuk menang dalam Pilkada 2020 mendatang. Pada Pilkada 2020 di Jawa Tengah akan digelar di 21 daerah dari 35 kabupaten/kota.

Baca juga: Bakal calon kepala yang mendaftar ke PDIP harus terbebas paham radikal

Surat rekomendasi partai untuk calon itu tidak hanya di wilayah Jawa Tengah saja, tetapi juga di seluruh Indonesia. DPP PDI Perjuangan untuk memenangkan Pilkada 2020, memiliki strategi tersendiri.

"DPP mempunyai insting siapa calon yang bakal menang, dan hal itu, tidak berdasarkan hasil survei. Khusus untuk Sukoharjo, diminta untuk dijaga soliditasnya agar menang Pilkada," kata dia, di hadapan ratusan kadernya di Sukoharjo.

Menyinggung soal rekomendasi partai, dia mengatakan akan mengikuti mekanisme yang ada di internal partai, sekarang semua calon sudah mendaftarkan diri.

"Jadi kita ikuti tahap penjaringan bakal calon hingga selesai prosesnya. Rekomendasi bakal calon dari DPP segera turun secepatnya," katanya.

Baca juga: Pembekalan calon legislatif PDI Perjuangan di museum

Menyinggung soal kader atau anggota partai yang boleh mendaftarkan diri harus dibuktikan dengan kartu tanda anggota (KTA) syarat menjadi anggota selama 3 tahun berturut-turut, kata Puan memang ada mekanisme yang harus diikuti, tetapi DPP Partai juga mempunyai hak prerogatif.

"DPP PDI Perjuangan kemudian memilih siapa yang akan diputuskan maju Pilkada nanti," katanya.

PDI Perjuangan tidak membedakan semua calon laki-laki dan perempuan. Mereka yang mendaftarkan menjalani mekanisme yang ada, dan jika dianggap mempunyai kapasitas bisa maju dalam Pilkada pasti akan didukung.

Puan Maharani dalam acara konsolidasi Tiga Pilar Partai tersebut didampingi Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Bambang Wuryanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, dan diikuti ratusan kader PDI Perjuangan Sukoharjo. 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Disahkan DPR jadi Kapolri baru, Idham Azis sebut sebagai mukjizat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar