Jakarta (ANTARA) - PT Pegadaian (Persero) menjalin kerja sama dengan Himpunan Kawasan Industri Indonesia (HKI) untuk pengembangan bisnis dan pemanfaatan produk serta jasa layanan.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto dan Ketua Umum HKI Sanny Iskandar.

"Adanya penandatanganan nota kesepahaman ini menjadi sebuah pedoman dan langkah awal untuk memungkinkan semua pihak melakukan kerjasama, dimana pelaksanaannya sesuai dengan kompetensi dan fasilitas serta pemberian jasa dengan prinsip saling menguntungkan," kata Kuswiyoto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Sebelumnya, Pegadaian telah menjalin kerja sama untuk mengembangkan pemanfaatan produk dan layanan jasa dengan Badan Pusat Statistik (BPS), PT Bank Tabungan Negara (BTN) (persero), PT Bank Jabar Banten (BJB) Syariah, dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI.

Kuswiyoto menjelaskan alasan menjalin kerja sama dengan HKI, yakni sebagai wadah perusahaan-perusahaan pengembangan atau pengelola kawasan industri di Indonesia baik perusahaan milik negara, koperasi maupun swasta yang bergerak di bidang Pengusahaan Kawasan Industri, Sarana-Sarana Usaha Industri Kecil, dan kawasan industri lainnya.

Tidak hanya itu, HKI juga tergabung dalam pemusatan industri di dalam suatu area tertentu yang telah memiliki wadah bersama baik yang berstatus umum maupun yang berstatus berikat.

Melalui kerja sama, Pegadaian akan berfokus untuk mengembangkan pemanfaatan produk dan layanan antar perusahaan, membuat program kerja bersama, serta pengembangan jaringan untuk jasa dan produk unggulan. Kerja sama ini juga meliputi anak-anak usaha masing-masing perusahaan.

"Adanya kerja sama antara Pegadaian dan HKI diharapkan dapat meningkatkan bisnis gadai. Karena kami optimis kerja sama tersebut akan membawa dampak positif bagi peningkatan kinerja kedua perusahaan," kata Kuswiyoto.

Produk-produk unggulan Pegadaian terbagi atas 3 inti layanan, yaitu sebagai solusi bisnis terpadu bagi masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan akan pendanaan atau pembiayaan; investasi secara retail; serta layanan transaksi keuangan guna mempercepat dan mempermudah kegiatan ekonomi masyarakat.

Ketiga inti layanan Pegadaian yaitu layanan Pembiayaan dengan produk Gadai KCA, Krasida, Gadai Syariah (Rahn), Kreasi, Arrum, Arrum Haji, Amanah.

Layanan emas yaitu Mulia Tunai, Mulia Angsuran, dan Tabungan Emas. Kemudian, layanan Aneka Jasa dengan produk Jasa Taksiran, Jasa Titipan, Safe Deposit Box (SDB), Remittance, Multi Payment Online, dan Persewaan Gedung.

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2019