Liga Jerman

Gladbach tempel Leipzig di puncak setelah tundukkan Paderborn

Gladbach tempel Leipzig di puncak setelah tundukkan Paderborn

Gelandang Borussia Moenchengladbach Jonas Hofmann (kiri) dan Patrick Herrmann (kanan) merayakan kemenangan mereka atas Paderborn dalam pertandingan Liga Jerman yang berlangsung di Borussia-Park, Moenchengladbach, Rabu (18/12/2019) (ANTARA/AFP/INA FASSBENDER)

Jakarta (ANTARA) - Borussia Moenchengladbach menempel RB Leipzig di puncak klasemen Liga Jerman, setelah mengalahkan Paderborn dengan skor 2-0 dalam pertandingan yang dimainkan di Borussia-Park, Moenchengladbach, Rabu setempat (Kamis dini hari WIB).

Berkat kemenangan itu Gladbach kini memiliki koleksi poin yang sama dengan Leizpig yakni 34 poin, tetapi Leipzig unggul selisih gol, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Bagi Paderborn, kekalahan itu semakin membenamkan mereka di dasar klasemen dengan koleksi sembilan poin.

Baca juga: Hujan enam gol terjadi saat Dortmund menjamu Leipzig

Pelatih Gladbach Marco Rose melakukan enam perubahan pada anggota tim dari skuat yang dimainkan pada pertandingan sebelumnya, sebagai langkah antisipasi menjelang pekan yang padat.

Hal itu menyebabkan tuan rumah awalnya kesulitan menemukan ritme pada babak pertama. Hanya terdapat sedikit aksi di mulut gawang, meski sepakan pemain Paderborn Kai Proger dari sudut sempit sempat merepotkan kiper Yann Sommer.

The Foals baru mampu memecah kebuntuan pada menit ke-46. Patrick Herrman memaksa Jamilu Collins melakukan kesalahan, sebelum mengoperkan kepada Lars Stindl yang meneruskannya kepada Alassane Plea untuk dikonversi menjadi gol.

Paderborn semestinya dapat menyamakan beberapa saat kemudian, saat Streli Mamba mengirimkan bola kepada Caulydi kotak penalti Gladbach, namun sentuhan pertama pemain Brazil itu tidak sempurna dan bola berhasil diamankan.

Kegagalan memanfaatkan peluang layak disesali oleh kubu Paderborn. Gladbach mendapat hadiah penalti pada menit ke-67 akibat pelanggaran terhadap Herrman, dan algojo Lars Stindl sukses menunaikan tugasnya.

Debutan Bayern sumbang gol

Pemain debutan Bayern Munich Joshua Zirkzee menyumbang satu gol untuk membawa timnya menang 3-1 di kandang Freiburg.

Zirkzee dimasukkan ke lapangan sebagai pemain pengganti pada menit ke-90, namun dua menit kemudian ia mengukir gol profesional pertamanya pada laga debutnya .

Kemenangan itu sekaligus mendongkrak Bayern ke peringkat ketiga dengan koleksi 30 poin. Sedangkan Freiburg juga masih tertahan di peringkat keenam.

Penyerang Robert Lewandowksi mengemas gol pertama Bayern pada menit ke-16 dengan menyambar umpan silang kiriman Alphonso Davies. Gol tersebut sekaligus merupakan gol ke-221nya di Liga Jerman.

Kiper Bayern Manuel Neuer tampil cukup bagus, namun gawangnya mesti kemasukan oleh sepakan voli Grifo pada menit ke-59.

Freiburg mungkin berharap dapat mengamankan satu poin saat menjamu Bayern, dan upaya mereka hampir berhasil. Tetapi Zirkzee membawa Bayern kembali unggul dan Serge Gnabry memastikan kemenangan timnya melalui sumbangan golnya pada menit ke-95.

Baca juga: Joachim Low dukung Leroy Sane kembali ke Bundesliga

Schalke 04 gagal merangsek masuk ke peringkat empat besar setelah hanya bermain imbang 1-1 di markas Wolfsburg.

Ozan Kabak membawa Schalke memimpin terlebih dahulu melalui golnya pada menit ke-50. Sayangnya delapan menit sebelum belanja usai, Kevin Mbabu mengemas gol yang membuat Wolfsburg mengamankan setidaknya satu poin.

Di tempat lain, Bayer Leverkusen masih belum mampu menyingkirkan lawan-lawannya untuk masuk ke zona Eropa, setelah dipaksa tunduk 0-1 oleh Hertha Berlin berkat gol penentu kemenangan Karim Rekik.

Koln meneruskan tren kemenangan mereka menjadi dua pertandingan berturut-turut, di mana kemenangan itu diraih dengan skor 4-2 atas tuan rumah Eintracht Frankfurt.

Hasil itu layak disesali Frankfurt yang sempat memimpin dua gol melalui gol-gol Martin Hinteregger dan Goncalo Paciencia, tetapi empat gol balasan berhasil digelontorkan tim tamu pada sisa waktu yang ada.

Jonas Hector membalas satu gol untuk timnya, sebelum Sebastian Bornauw dianggap membahayakan. Sebastian Bornauw kemudian menyamakan kedudukan. Berhasil menyamakan kedudukan membuat FC Koln semakin bersemangat.

Hasilnya mereka tuai melalui dua gol dari Dominic Decler dan Ismail Jakobs untuk mengamankan tiga poin.

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar