Jakarta (ANTARA) - Anda merasa terlalu banyak berpikir? Jika ya, waspadalah karena perilaku ini bisa membahayakan kesehatan fisik Anda, karena menyebabkan kecemasan, stres dan paranoia.

Saat kondisi ini terjadi, berikut beberapa cara yang bisa Anda pikiran demi menenangkan pikiran, seperti dilansir Indian Express, Rabu (18/12):

Alihkan perhatian Anda

Pahamilah, terlalu banyak berpikir adalah kebiasaan kontra-produktif yang tidak akan membawa Anda ke mana pun. Anda bisa mengalihkan perhatian dengan melakukan aktivitas yang benar-benar Anda sukai. Pergi keluar rumah, bersepeda atau lari cepat, mempelajari keterampilan kuliner baru. Pada dasarnya lakukan segala sesuatu yang melenturkan otot-otot pikiran Anda.

Bernapas dan meditasi

Saat Anda merasa kehilangan kendali atas hidup Anda, tarik napas. Ketahuilah, Anda masih memegang kendali dan yang harus Anda lakukan adalah menenangkan pikiran Anda. Meditasi dan yoga mungkin bisa membantu. Coba temukan tempat yang tenang dan mulailah bernapas dengan benar.

Bantu orang lain

Ketika merasa pikiran Anda tidak terkendali, lakukan sesuatu yang baik untuk orang lain sehingga Anda bisa mendapatkan perspektif hidup yang baru dan kembali ke jalur yang benar. Hal ini bisa memberi Anda rasa kekuatan yang unik, salah satunya karena menyadarkan kalau Anda layak.

Pikirkan kesuksesan Anda

Sulit untuk memikirkan pencapaian Anda ketika pikiran Anda penuh dengan hal-hal negatif, tetapi cobalah. Luangkan waktu sejenak dan pikirkan apa yang telah Anda raih; itu bisa berupa pencapaian kecil. Anda mungkin terkejut mengetahui Anda lebih kuat dan lebih mampu daripada apa pun yang mengganggu pikiran Anda saat ini.

Maafkan diri Anda

Jika hal yang membuat Anda terlalu banyak berpikir merupakan kesalahan masa lalu yang membuat Anda kesal, ketahuilah Anda hanya manusia yang berusaha melakukan yang terbaik dalam hidup, dan kesalahan adalah bagian dari keputusan. Belajarlah untuk mengikhlaskan.

Mencari pertolongan

Jangan melawan ini sendirian. Anda diizinkan untuk menunjukkan kerentanan Anda dan mencari bantuan. Temui anggota keluarga atau teman dan curahkan isi hati Anda. Atau bila perlu, Anda bisa mencari bantuan profesional.

Baca juga: Mulailah bermeditasi demi hindari sakit

Baca juga: 5 tips meningkatkan kesehatan mental tahun 2019

Baca juga: Di Borobudur segera dibangun pusat meditasi dan yoga

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019